Bertahan di Peringkat 3, Pekanbaru Kembali Gagal Raih Juara Umum Porprov Riau

Kamis, 24 November 2022 - 13:44:59 WIB

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, mengalungkan medali kepada atlet renang Porprov X yang dilangsungkan di Sport Center Rumbai.

Betuah Pekanbaru - Atlet Kota Pekanbaru, kembali gagal meraih juara umum di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) X Riau yang dilangsungkan di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing)  terhitung tanggal 12 hingga 22 November lalu.

Pekanbaru harus mengakui keunggulan atlet Kabupaten Bengkalis yang mampu mempertahankan gelar juara umum. Sementara peringkat kedua diraih atlet tuan rumah. Sedangkan atlet Kota Bertuah tetap bertahan di peringkat ketiga.

Menyikapi hal itu, Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun mengaku kecewa dengan hasil yang diraih di Porprov Kuansing.

"Kalau kecewa tentu ada ya, itu manusiawi. Karena memang target kita sebelumnya kan juara umum," ucapnya, Kamis (24/11/2022).

Untuk itu, ia berharap agar hasil yang diraih di Porprov Kuansing bisa menjadi bahan evaluasi baik bagi atlet maupun Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat agar bisa meningkatkan prestasi di Porprov yang akan datang.

"Kita ingin Pekanbaru bisa kembali berprestasi di semua ajang olahraga. Karena sebagaimana kita ketahui, Pekanbaru itu adalah barometer, gudang atlet di Provinsi Riau," ujar Muflihun. 

"Makanya kita harus lakukan evaluasi mengapa kita tidak bisa meraih apa yang menjadi target kita," ulasnya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dispora Pekanbaru Zulfahmi Adrian menyatakan, meski hannya mampu meraih juara III di Porprov Riau, namun prestasi itu sudah melampaui target. Yang pertama Raihan medali Pekanbaru sudah melampaui Porprov IX Kampar tahun 2017 lalu. 

"Seperti contohnya tenis meja, atlet Pekanbaru bahkan bisa mengalahkan atlet nasional. Bahkan tenis meja Pekanbaru juga menjadi juara umum. Itu adalah prestasi yang patut untuk kita banggakan. Kemudian juga untuk basket, kita juga dapat emas. Padahal lawan kita atlet-atlet yang sudah jadi,"  sebut dia.

Namun meski demikian, hasil Porprov Kuansing akan dijadikan bahan evaluasi dan motivasi bagi Pekanbaru agar bisa meraih prestasi lebih baik lagi ke depannya.***