TKKSD Karawang Belajar Kerjasama Luar Negeri ke Pemko Pekanbaru

Kamis, 24 November 2022 - 15:21:11 WIB

Asisten I Setdako Pekanbaru Syoffaizal, menyerahkan cinderamata kepada Asisten I Setdakab Karawang.

Betuah Pekanbaru - Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah (TKKSD) Kabupaten Karawang, melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dalam rangka belajar kerjasama luar negeri.

Kedatangan TKKSD Karawang yang dipimpin Asisten I setempat didampingi 6 kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), disambut Penjabat Walikota Pekanbaru Muflihun diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Syoffaizal didampingi Kepala Bagian Kerjasama Fajri Adha.

"Jadi, kedatangan TKKSD Kabupaten Karawang ini dalam rangka silaturrahmi sekaligus belajar kerjasama luar negeri. Karena memang kita sudah ada beberapa kerjasama luar negeri," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kerjasama Setdako Pekanbaru Fajri Adha menambahkan, kerjasama luar negeri yang telah terjalin itu seperti dengan Perusahaan Nippon Koei Co LTD, Kawasaki, Jepang.

"Selain dengan Nippon Koei, dengan kotanya, Kawasaki, juga ada kerjasama," ungkap dia.

"Kemudian juga ada kerjasama dengan Korea, kerjasama yang tergabung dalam IMT-GT, Indonesia, Malaysia, Thailand. Selanjutnya ada juga kerjasama ketahanan pangan Indonesia dengan beberapa negara dan Kota Pekanbaru juga masuk di situ," ulas Fajri.

Hanya saja, disampaikannya jika kerjasama luar negeri tersebut belum ada yang dilakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU).

"MoU nya memang belum ada tandatangan, karena proses kerjasama ini (luar negeri) panjang. Setelah penjajakan, ada lagi LOI, ini tandatangan juga. Kemudian disampaikan ke DPR, jadi panjang lah prosesnya," tutup Fajri.***