Dievaluasi Mendagri, Inflasi di Pekanbaru Masih di Bawah Nasional

Senin, 28 November 2022 - 21:53:09 WIB

Pj Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution, saat mengikuti Rakor Pengendalian Inflasi secara virtual bersama Mendagri, Senin (28/11/2022).

Betuah Pekanbaru - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution menyebutkan, saat ini tingkat inflasi di Ibukota Provisni Riau masih di bawah rata-rata nasional.

Hal itu Disampaikannya usai mengikuti Rakor Pengendalian Inflasi secara virtual bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, bertempat di ruang rapat lantai tiga Mal Pelayanan Publik (MPP), Senin (28/11/2022).

"Tadi ada evaluasi di seluruh Indonesia, zoom meeting dipimpin Mendagri. Kita termasuk yang dalam kategori baik, nggak sampai melampaui (inflasi) nasional," ungkapnya.

Dikatakan Indra, sejauh ini terdapat berbagai upaya yang telah dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dalam pengendalian inflasi tersebut.

Pertama, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun melakukan pencanangan gerakan menanam cabai di 15 kecamatan. Warga diajak memanfaatkan pekarangan rumah sebagai tempat menanam cabai.

Kedua, pemerintah kota menggelar pasar murah bekerjasama dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) dan Bank Indonesia (BI).

"Ketiga, kita juga melakukan sidak ke distributor, ke Bulog dan lain sebagainya," papar Indra.

Selain itu, lanjut dia, pemerintah kota juga memberdayakan perusahaan daerah yakni Sarana Pangan Madani (SPM) dalam rangka kerjasama antar daerah untuk mendapatkan komoditas yang bisa mempengaruhi kenaikan inflasi seperti beras, telur dan bawang merah. 

"Dalam rapat tadi yang paling tinggi fluktuasinya adalah cabai merah dan cabai rawit. Mudah-mudahan kalau gerakan menanam kita sudah sukses, Insyaallah kita aman," pungkasnya.***