Ribuan Tukang se-Riau akan Gelar Silaturahmi Akbar di Pekanbaru

Ahad, 01 Januari 2023 - 13:30:04 WIB

Ketua PD F SPBPU-KSPSI Riau Zulhamdan

Betuah Pekanbaru - Sekitar 1.500 pekerja bangunan dan pekeja umum se-Provinsi Riau, dijadwalkan akan menggelar silaturahmi akbar di Kota Pekanbaru pada 22 Januari 2023 mendatang.

Silahturami ini digagas oleh Pimpinan Daerah Federasi Serikat Pekerja Bangunan dan Pekerjaan Umum - Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PD F SPBPU-KSPSI) Provinsi Riau.

Ketua PD F SPBPU-KSPSI Riau Zulhamdan mengatakan, dalam silaturahmi akbar nanti akan diundang juga pengurus dan anggota dari seluruh daerah.

"Kita akan silaturahmi akbar sekaligus sosialisasi sertifikasi dengan menghadirkan anggota serta pemerintah daerah, tokoh nasional dan daerah. Kita ingin pekerja bangunan dan pekerjaan umum memperoleh tempat serta peluang sebesar-besarnya dalam pembangunan negeri ini," ucap Zulhamdan, Minggu (1/1/2023).

Disampaikannya, silaturahmi yang dibalut dalam tema "Menuju Pekerja Mandiri yang Profesional, Percaya Diri dan Berintegritas" ini, adalah wujud dari kepedulian PD F SPBPU-K SPSI Provinsi Riau terhadap para pekerja bangunan dan pekerjaan umum lainnya.

Untuk itu, lanjut Zulhamdan, PD F SPBPU - K SPSI Provinsi Riau akan segera melakukan audiensi dengan Gubernur Riau, Badan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, Bank Riau Kepri serta pihak lainnya.

"Kita ingin pemerintah dan perbankan, termasuk BPJS punya langkah yang bersinergi untuk memberi perhatian terhadap pekerja bangunan dan pekerjaan umum di Riau khususnya dan seluruh Indonesia pada umumnya," ujar dia.

Menurut Zulhamdan, kegiatan akbar ini berangkat dari rasa prihatin terhadap pekerja bangunan dan pekerjaan umum yang sejauh ini dipandang sebelah mata. Padahal peran mereka tidak bisa dianggap kecil.

Bayangkan kalau tidak ada tukang, tentu tidak akan gedung mewah atau fasilitas lainnya. Sementara kebijakan yang berkeadilan terhadap.mereka belum sepenuhnya terwujud.

"Mereka masih dipandang sebelah mata. Sehingga tak heran, kebijakan baik di pemerintah maupun perbankan, bisa dikata belum menyentuh mereka sama sekali," tegasnya.

Misalnya, lanjut Zulhamdan, pekerja bangunan dan pekerjaan umum rata-rata tak bisa menikmati fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan lain sebagainya. 

"Silaturahmi akbar serta sosialisasi sertifikasi, kami anggap jalan terbaik sebagai solusi membantu pekerja bangunan dan pekerjaan umum meningkatkan kesejahteraan, termasuk memiliki rumah melalui KPR," tutup Zulhamdan.***