Atasi Banjir di Sigunggung, PUPR Pekanbaru Bangun Drainase di Jalan Guru

Senin, 16 Januari 2023 - 21:22:55 WIB

Alat berat Dinas PUPR Pekanbaru mulai bekerja membangun drainase baru di Jalan Guru kawasan Sigunggung, Kecamatan Payung Sekaki.

Betuah Pekanbaru - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, mulai melakukan pembangunan drainase baru di sepanjang Jalan Guru untuk menampung genangan air yang kerap merendam Jalan Darma Bakti atau Sigunggung.

"Itu (pembangunan drainase) hari ini sudah mulai kita kerjakan," ungkap Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Senin (16/1/2023).

Selain itu, kata dia, badan Jalan Darma Bakti juga akan ditinggikan. Sebab, elevasi jalan saat ini jauh di bawah ketinggian tanah tempat pembangunan ruko di kawasan itu.

"Jadi secara topografi, elevasinya (badan jalan) itu kan cikungan. Karena dulu waktu pembangunan jalan, ruko-ruko di kawasan itu kan belum ada. Itu kan dulu rawa. Ketika membangun ruko, itu kiri kanannya ditimbun sehingga posisinya tinggi dari jalan," ujar Indra.

"Makanya air baik dari ruko maupun ketika hujan, itu masuk ke jalan karena paritnya juga tinggi dari jalan, sehingga air menggenangi badan jalan," ulasnya.

Tidak hanya itu, lanjut Indra yang juga menjabat sebagai Pj Sekdako Pekanbaru ini, di kawasan Jalan Darma Bakti tersebut juga akan dilakukan pembangunan kolam retensi sebagai tempat penampungan air.

"Nanti rawa di kawasan itu akan kita jadikan kolam retensi, akan kita gali. Setelah itu, parit-parit yang ditutup masyarakat, baru kita bongkar. Sehingga ketika hujan, air tidak lagi menggenangi jalan dan pemukiman warga," ucapnya.

"Karena kan saat ini, itu masyarakat di tiap gang-gang masuk, itu paritnya ditutup katena takut air dari Darma Bakti masuk ke pemukiman mereka," tutup Indra menambahkan.***