Puncak Hujan Pertengahan Februari, Pekanbaru Masih Waspada Banjir

Senin, 16 Januari 2023 - 22:56:34 WIB

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun didampingi Pj Sekdako Indra Pomi Nasution, saat meninjau banjir yang merendam kawasan Sigunggung, Jumat kemarin.

Betuah Pekanbaru - Kota Pekanbaru, Riau, hingga kini masih waspada banjir jelang memasuki puncak musim hujan yang diperkirakan terjadi pada pertengahan Februari mendatang.

"Puncak musim hujan ini sampai pertengahan Februari. Jadi sekarang kita masih dalam musim hujan. Ketika hujan dengan intensitas tinggi, itu (banjir) yang kemudian menjadi masalah di kota kita ini," ujar Penjabat Sekretaris Daerah Kota (Pj Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Senin (16/1/2023).

Disebutkannya, ada beberapa penyebab banjir di Kota Pekanbaru. Salah satunya karena posisi Ibukota Provinsi Riau yang secara topografinya datar dan berada sekitar 25 sampai 50 centimeter di atas permukaan laut.

"Sehingga ketika air laut pasang dan curah hujan tinggi, maka sungai-sungai kita penuh, tidak bisa menampung debit air," ungkapnya.

Di Pekanbaru sendiri, lanjut Indra, ada dua sungai yang diandalkan untuk menampung air ketika curah hujan tinggi yakni Sungai Siak dan Sungai Sail.

"Tapi ketika kedua sungai ini penuh, maka di parit terjadi perlambatan aliran air sehingga menggenangi pemukiman warga," ucapnya.

Untuk itu, kata dia, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru terus berupaya mencarikan solusi sehingga banjir yang menjadi pekerjaan rumah bisa teratasi ke depannya.***