Underpass dari MPP ke RTH Kaca Mayang akan Diusulkan Lagi Tahun Depan

Ahad, 22 Januari 2023 - 15:51:10 WIB

Kepala DPM-PTSP Pekanbaru Akmal Khairi

Betuah Pekanbaru - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Pekanbaru, tahun depan berencana mengusulkan kembali anggaran pembangunan underpass dari Mal Pelayanan Publik (MPP) hingga ke Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kaca Mayang.

Kepala DPM-PTSP Kota Pekanbaru Akmal Khairi mengatakan, pembangunan jalur lalu lintas berbentuk terowongan di bawah tanah itu hingga kini belum bisa dilaksanakan karena keterbatasan anggaran.

"Kita maklumi dengan kondisi anggaran kita (APBD) yang sedang tidak baik-baik saja, sehingga kegiatannya (pembangunan) skala prioritas," ucapnya, Jumat (20/1/2023) kemarin.

Disampaikannya, pembangunan underpass di bawah Jalan Jenderal Sudirman yang diwacanakan tersebut bertujuan memberikan kemudahan akses bagi warga yang ingin berkunjung ke MPP dari arah RTH Kaca Mayang.

"Karena itu kita akan bangun underpass di bawah. Jadi (pengunjung MPP dari RTH) tidak lagi melewati jalan raya," ujarnya.

Untuk itu, ia berharap kondisi keuangan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bisa segera stabil sehingga rencana pembangunan underpass bisa segera dilaksanakan.

"Mudah-mudahan secepatnya bisa kita bangun. Tahun depan kita usulkan lagi," tutup Akmal.

Seperti diketahui, pembangunan underpass sendiri sudah diwacanakan sejak 2020 lalu dan juga sudah ada rancangannya dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat. Namun, hingga kini pembangunanya tak kunjung terealisasi.***