Ratusan Kilometer Jalan di Pekanbaru Dalam Kondisi Rusak

Senin, 23 Januari 2023 - 20:39:08 WIB

Alat berat Dinas PUPR Pekanbaru tengah bekerja memperbaiki jalan rusak.

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mendata, dari 1.200 kilometer jalan di Ibukota Provinsi Riau, sepanjang 400 kilometer di antaranya kini dalam kondisi rusak.

Penjabat Walikota Pekanbaru Muflihun menyebutkan, butuh biaya yang cukup besar guna memperbaiki ratusan kilometer jalan yang alami kerusakan tersebut.

"Dari 1.200 kilometer jalan, sekitar 400 kilometer rusak. Untuk overlay (pengaspalan ulang) sepanjang 1 kilometer saja, itu biayanya sekitar Rp2 miliar," ucapnya, Senin (23/1/2023).

Sebelumnya, Pj Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengungkapkan jika di 2023 ini pemerintah kota mengalokasikan anggaran sebesar Rp20 miliar untuk memperbaiki jalan rusak.

"Anggaran ada kenaikan sedikit, sekitar Rp20 miliar. Ini juga termasuk untuk pasukan kuning," ujarnya, Jumat (13/1/2023) kemarin.

Mengingat anggaran yang tersedia masih kurang dari kebutuhan, kata Indra, perbaikan sendiri akan diutamakan dengan sistem tambal sulam. Sebab, untuk overlay sendiri membutuhkan anggaran yang cukup besar.

Untuk menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia, lanjut dia, tahun ini ditargetkan sebanyak 200 titik jalan yang akan ditambal sulam. Pada triwulan pertama atau sepanjang Januari hingga Maret 2023, diupayakan sebanyak 50 titik jalan rusak sudah dilakukan diperbaikan.

"Jadi, per triwulan itu kita targetkan perbaiki 50 titik dari total 200 titik ruas jalan rusak yang harus dilakukan perbaikan tambal sulam," tutupnya.***