Sipenggoda Tersipu Inovasi Dinsos Pekanbaru Tingkatkan Pelayanan dan Kinerja

Kamis, 26 Januari 2023 - 20:17:08 WIB

Kepala Dinsos Pekanbaru Idrus

Betuah Pekanbaru - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru, terus berinovasi guna meningkatkan pelayanan dan kinerja. Terbaru, Dinsos meluncurkan inovasi Sistem Pengelolaan Data Terpadu Satu Pintu atau disingkat dengan Sipenggoda Tersipu.

"Sipenggoda Tersipu ini baru saja kita luncurkan di awal tahun 2023 ini," ungkap Kepala Dinsos Kota Pekanbaru Idrus, Kamis (26/1/2023).

Dengan inovasi Sipenggoda Tersipu, kata dia, kini Dinsos Kota Pekanbaru sudah memiliki pusat data kemasyarakatan yang langsung online ke Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Sejauh ini, lanjut Idrus, data kemasyarakatan yang ada di instansi tersebut terpisah di tiap-tiap bidang sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing.

"Contohnya data ODGJ, itu ada di Bidang Rehabilitasi Sosial. Fakir miskin di Bidang Daya Sosial, dan data lansia terlantar di Bidang Perlindungan Jaminan Sosial atau Linjamsos," ucapnya.

Namun dengan adanya Sipenggoda Tersipu, semua bidang sudah mulai menginput data yang mereka miliki pada satu sistem yang sama.

"Sehingga ketika orang bertanya, cukup hanya dengan membuka Sipenggoda Tersipu, itu sudah bisa diketahui data yang dibutuhkan," tutup Idrus yang juga menjabat sebagai Pelaksana tugas Sekretaris Dewan (Plt Sekwan) ini.***