PUPR Pekanbaru Sebut Sebagian Besar Jalan Perlu Diaspal Ulang

Kamis, 26 Januari 2023 - 22:32:47 WIB

Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Indra Pomi Nasution

Betuah Pekanbaru - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru menyebutkan, saat ini sebagian besar jalan perlu dilakukan perbaikan dengan sistem overlay atau pengaspalan ulang.

"Secara umum, sebagian besar jalan itu butuh overlay. Terutama yang dilewati IPAL dan lain-lain. Walaupun diperbaiki oleh kontraktornya, tapi sesungguhnya itu lebih baik kalau itu dilakukan overlay," ujar Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Kamis (26/1/2023).

Hanya saja, kata dia, untuk overlay itu membutuhkan anggaran yang cukup besar sekitar Rp1 miliar per satu kilometer. Overlay sendiri masuk dalam kegiatan pemeliharaan berkala.

"Cuman kita kan untuk pemeliharaan berkala ini butuh biaya banyak," ungkapnya.

Tahun ini, lanjut Indra, ada sejumlah ruas jalan yang akan dioverlay. Lima di antaranya dibantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dengan anggaran mencapai Rp12 miliar.

Kelima ruas jalan tersebut yakni Jalan Firdaus, Jalan Tanjung dan Jalan Parit Indah. Ketiganya berada di wilayah Kecamatan Bukit Raya.

Kemudian Jalan Pemuda di Kecamatan Payung Sekaki, serta Jalan Dahlia di Kecamatan Sukajadi. Jalan Dahlia dilakukan overlay karena terdampak pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

"Untuk waktu overlay-nya tergantung provinsi ya, karena overlay ini juga harus lelang, jadi butuh waktu. Yang jelas, perbaikannya dilakukan dalam tahun ini," tutupnya.***