Kurma Manis, Layanan Kesehatan 24 Jam di Pekanbaru Mulai Beroperasi

Senin, 30 Januari 2023 - 22:28:37 WIB

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun didampingi Pj Sekdako Indra Pomi Nasution dan Kepala Diskes Zaini Rizaldy Saragih, menyerahkan alat komunikasi kepada perwakilan puskesmas pada peluncuran program Kurma Manis.

Betuah Pekanbaru - Layanan kesehatan 24 jam melalui program Kunjungan Rumah Masyarakat Hidup Sehat (Kurma Manis) di Kota Pekanbaru, kini mulai dioperasikan.

Program yang sebelumnya diberi nama doctor on call itu diluncurkan secara resmi oleh Penjabat Walikota Pekanbaru Muflihun, bertempat di Puskesmas Sapta Taruna, Kecamatan Bukit Raya, Senin (30/1/2023).

"Tentunya setelah launching ini memang untuk pelayanan belum sepenuhnya seratus persen maksimal, pasti ada kekurangan. Namun hari ini kita sudah beranikan diri untuk memberikan ruang komunikasi yang cepat kepada masyarakat terkait dengan kesehatan," ujarnya, usai kegiatan.

Di layanan Kurma Manis, kata Muflihun, warga di Kota Bertuah bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara mudah dengan hanya menghubungi call center di nomor 0851-0731-1234 atau bisa juga diakses melalui layanan emergency Call yang dikoordinir oleh Diskominfo dengan nomor 112.

Dengan adanya layanan kesehatan 24 jam, ia berharap warga tidak kesulitan lagi untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

"Harapan kita ke depannya, masyarakat Pekanbaru bisa merasakan fasilitas kesehatan yang ada. Jika nantinya ketika pasien tidak bisa diobati di rumahnya, maka akan dirujuk ke rumah sakit," ucapnya.

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun saat uji coba layanan Kurma Manis.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih menyebutkan, di program Kurma Manis itu ada beberapa pelayanan yang diberikan seperti konsultasi kesehatan, pemeriksaan penunjang, serta tindakan medis ringan.

"Sedangkan kategori yang dilayani yakni pasien keterbatasan fisik dan fasien dengan keadaan sakitnya tidak mampu akses ke pelayanan puskesmas," ungkap dia.

Untuk itu, warga dengan kategori di atas bisa menghubungi call center yang telah ditetapkan. Setiap panggilan masuk akan langsung direspon secara cepat oleh petugas jaga.

"Paling lamanya, itu 30 menit atau setengah jam, laporan yang masuk sudah ditindaklanjuti oleh petugas kita," kata Zaini.

Nantinya, lanjut dia, fasien dengan keadaan sakitnya tidak mampu akses ke pelayanan puskesmas akan didatangi langsung ke rumah oleh tim yang tediri dari seorang dokter, bidan dan perawat.

"Juga kita sertakan satu ambulans. Sehingga ketika pasien tidak bisa diberi tindakan medis ringan, itu langsung dirujuk ke fasilitas kesehatan," paparnya.

Hanya saja, terang Zaini, untuk biaya perawatan di fasilitas kesehatan tidak ditanggung melalui program Kurma Manis. "Jadi biayanya ditanggung sesuai jaminan kesehatan yang dimiliki," tutupnya.***