Indra Pomi Nasution Resmi Pimpin KTNA Kota Pekanbaru

Sabtu, 11 Maret 2023 - 22:39:41 WIB

Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution saat dikukuhkan sebagai Ketua KTNA Pekanbaru periode 2022-2027.

Betuah Pekanbaru - Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, resmi memimpin Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Pekanbaru.

Ia dikukuhkan bersamaan dengan pengurus KTNA Pekanbaru lainnya untuk periode 2022-2027, bertempat di The Zuri Hotel, Sabtu (11/3/2023).

Usai pengukuhan, Indra Pomi menyampaikan jika dirinya sudah menyusun 6 program prioritas KTNA di antaranya. Pertama, memperluas tanaman dan produktivitas komoditi strategis utama seperti cabai dan bawang dengan memanfaatkan lahan kosong.

Kedua, melakukan peningkatan penerapan mekanisme pertanian dan olah tanah tanpa bakar. Ketiga, pengembangan ternak unggul sesuai potensi wilayah. Keempat, membentuk kelompok pengolahan pakan ternak dan unggas.

Kelima, mendorong terbentuknya kelembagaan pertanian berbasis koorporasi, serta yang keenam mendorong terciptanya petani muda.

Sementara itu, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun yang turut hadir pada kegiatan tersebut mengatakan jika KTNA merupakan mitra pemerintah sebagai organisasi profesi yang independen dan berorientasi pada kegiatan sosial ekonomi masyarakat, khususnya di sektor pertanian.

"Tantangan kita ke masa depan akan semakin sulit karena harus berhadapan dengan inflasi. Perlu sinergi kita bersama untuk menjaga kestabilan harga pangan dan jumlah pasokan. Bersama inilah KTNA merupakan mitra kerja pemerintah untuk mewujudkan dan memperjuangkan aspirasi petani nelayan yang kondisinya masih serba terbatas," ujarnya.

Untuk itu, ia berharap KTNA dapat menjadi organisasi yang menjadi fasilitas bagi apa yang dibutuhkan petani. Baik itu petani sawit, panganan, sayuran, buah-buahan dan sektor pertanian lainnya.

"Saya berharap kepada para pengurus baru juga akan terus membentuk gagasan dan ide yang berorientasi memajukan sektor pertanian di Riau, khususnya Pekanbaru," ucapnya.

"Semoga pengurus yang dilantik bisa mendukung dan menggerakkan masyarakat agar memanfaatkan lahan kosong di lingkunganmya untuk pertanian dan pertahanan melawan inflasi," harapnya menambahkan.***