Pemko Pekanbaru Geser Anggaran Bangun Ulang MPP

Rabu, 22 Maret 2023 - 09:24:09 WIB

Petugas pemadam kebakaran tengah berupaya melakukan pemadaman api yang membakar gedung utama MPP Pekanbaru, 5 Maret 2023 lalu.

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, melakukan pergeseran anggaran APBD murni 2023 untuk melakukan pembangunan ulang Mal Pelayanan Publik (MPP).

"Pergeseran anggaran ini untuk hal yang wajib dan mendesak, misal untuk pembangunan kios sementara di Pasar Cik Puan dan MPP pasca kebakaran," kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution.

Disampaikannya, penanganan dan pemulihan layanan publik di MPP perlu disegerakan pasca kebakaran. Namun demikian, Indra belum bisa memastikan besaran anggaran yang dibutuhkan untuk membangun ulang MPP.

"Nanti akan dibahas dulu lebih lanjut," ujarnya.

Seperti diketahui, gedung utama MPP di Jalan Jenderal Sudirman yang dikelola Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Pekanbaru mengalami kebakaran hebat pada 5 Maret 2023 lalu.

Amukan si jago merah membuat tak ada satupun yang tersisa dari bangunan MPP yang merupakan pusat pelayanan publik terbaik di Indonesia tersebut.

Kebakaran sendiri terjadi satu hari jelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-4 MPP. Sesuai jadwal, hari jadi ke-4 akan dirayakan bersamaan dengan HUT Pemadam Kebakaran (Damkar) ke-104, Senin, 6 Maret 2023.

Dengan musibah kebakaran itu, Pemko Pekanbaru lantas membatalkan HUT ke-4 MPP dan HUT ke-104 Damkar.***