Kesbangpol Gandeng Mahasiswa dan Tokoh Masyarakat Cegah Radikalisme dan Terorisme

Kamis, 16 Maret 2023 - 22:55:35 WIB

Kepala Badan Kesbangpol Kota Pekanbaru Syoffaizal, foto bersama pada sosialisasi pencegahan radikalisme dan terorisme.

Betuah Pekanbaru - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekanbaru, menggandeng mahasiswa dan tokoh masyarakat dalam upaya mencegah radikalisme dan terorisme.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Pekanbaru Syoffaizal menyebutkan, untuk mengantisipasi kedua paham itu di tengah masyarakat, pihaknya telah menggelar sosialisasi pencegahan radikalisme dan terorisme bagi tokoh masyarakat dan mahasiswa, bertempat di Hotel Royal Asnof, Rabu (15/3/2023).

"Ada sekitar seratus peserta yang terdiri dari mahasiswa dan tokoh masyarakat yang mengikuti sosialisasi pencegahan radikalisme dan terorisme kemarin," ungkapnya, Kamis (16/3/2023).

Disampaikan Syoffaizal, pada sosialisasi itu para mahasiswa dan tokoh masyarakat mendapar paparan dari sejumlah pembicara baik dari Kesbangpol Pekanbaru, Polresta Pekanbaru, Densus 88 Anti Teror dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme.

"Harapan kita setelah ada sosialisasi ini, bahwa setelah keluar dari ruangan ini kita punya pemahaman sama tentang bahaya radikalisme dan terorisme," ucapnya.

Dirinya menilai mahasiswa dan masyarakat punya peran dalam mencegah munculnya kedua paham tersebut. Mereka bisa melakukan deteksi dini di lingkungannya agar tidak terjadi aksi teror.

"Jadi nantinya masyarakat bisa melaporkan juga potensi aksi teror, agar bisa diambil langkah antisipasi oleh aparat terkait," ujarnya.***