Harkitnas 2023, Warga Pekanbaru Diajak Bangkit dari Keterpurukan Hingga Kemiskinan

Senin, 22 Mei 2023 - 22:32:35 WIB

Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution didampingi Kepala Diskominfotiksan Raja Hendra Saputra, memberikan keterangan pers usai peringatan Harkitnas ke-115.

Betuah Pekanbaru - Warga di Kota Pekanbaru, Riau, diajak untuk sama-sama bangkit dari keterpurukan, keterbelakangan, kebodohan, dan kemiskinan.

Ajakan itu disampaikan Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, usai memimpin upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115, bertempat di halaman gedung utama komplek perkantoran terpadu walikota di Tenayan Raya, Senin (22/5/2023).

Disampaikannya, Hari Kebangkitan Nasional yang biasa diperingati setiap tanggal 20 Mei ditandai dengan terbentuknya organisasi pemuda Budi Utomo yang diprakarsai oleh para pelajar School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (STOVIA) tahun 1908.

Berdirinya Budi Utomo, kata Indra, menjadi awal pergerakan yang bertujuan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia.

"Mereka (organisasi pemuda saat itu) mulai mengumpulkan kekuatan bangsa Indonesia. Kesatuan daerah melebur menjadi kesatuan nasional guna merebut kemerdekaan," ucapnya.

Kemerdekaan dan kesejahteraan, terang Indra, menjadi tujuan utama Budi Utomo. Untuk itu, ia menilai semangat perubahan tersebut sangat perlu diwarisi.

Agar semangat perubahan bisa dibangkitkan, lanjut dia, maka pemerintah kota di HUT ke-239 Pekanbaru membuat moto "Pekanbaru Bergerak, Tumbuh, dan Bermarwah".

"Jadi, kita ingin bersama seluruh elemen masyarakat bersemangat dan bangkit agar menjadi lebih baik dari kondisi saat ini. Semangat ini merupakan cita-cita bersama untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur," pungkasnya.***