Harga Telur dan Daging Ayam di Pekanbaru Cenderung Naik

Senin, 22 Mei 2023 - 23:15:04 WIB

Asisten II Setdako Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut

Betuah Pekanbaru - Harga telur dan daging ayam di pasar dalam Kota Pekanbaru, di awal pekan ini cenderung naik. Namun untuk harga bahan kebutuhan pokok lainnya relatif stabil.

"Pada umumnya masih stabil, tapi ada beberapa yang sudah menunjukan kecenderungan naik seperti harga daging ayam, telur ayam ras," kata Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdako Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Senin (22/5/2023).

Agar harga kedua komoditi tersebut tidak terus bergerak naik, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait mulai melakukan pengawasan harga di lapangan.

"Karena ini (kenaikan harga telur dan daging ayam) harus kita cermati juga," ujarnya.

Disampaikan Ingot, jika kenaikan harga terus mengalami kenaikan ada wacana untuk dilakukan intervensi pasar melalui pasar murah.

"Pasar murah itu sifatnya insidentil. Artinya ketika harga di pasar masih normal, kita tidak melaksanakan pasar murah, karena pasar murah itu sebenarnya menganggu pihak pedagang pengecer. Tapi ketika nanti harga naik, tentu nanti salah satu langkah yang kita lakukan adalah megadakan operasi pasar," ucap dia.

"Ada juga alternatif lain seperti intervensi biaya transportasi, supaya nanti harganya bisa kita kendalikan. Tetapi itu sifatnya situasional," ulas Ingot.

Di samping itu, lanjut pria yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala Disperindag ini, pemerintah kota juga akan melakukan antisipasi seperti berkoordinasi dengan distributor dan daerah penghasil.

"Hari ini kita ingin membangun proyeksi dulu. Karena sampai saat ini masih normal dan cenderung inflasi kita bagus," tutupnya.***