Selamatkan Sungai Siak, 2 Tokoh Masyarakat Ini akan Lakukan Penghijauan di Sepanjang Okura

Senin, 13 Mei 2024 - 16:47:58 WIB

Dt. Jonhor Amin dan Danang Sufrianda

Betuah Pekanbaru- Forum Pemuda Peduli Masyarakat Miskin (FPPMM) Kecamatan Rumbai Timur, Pekanbaru, dan Lembaga Laskar Melayu Bersatu (LLMB) Korcam Rumbai Bersatu DPD Kota Pekanbaru, akan melakukan gerakan peduli lingkungan dengan melakukan penghijauan pada kawasan di sepanjang Sungai Siak di Kelurahan Tebing Tinggi Okura.

Gerakan peduli lingkungan yang digagas Ketua FPPMM Rumbai Tmur, Danang Sufrianda dan Dt. Jonhor Amin, Lembaga Laskar Melayu Bersatu (LLMB) Korcam Rumbai Bersatu DPD Kota Pekanbaru ini, akan dimulai dengan menghijaukan kembali kawasan Sungai Siak di Okura dengan menanam 500 bibit pohon penghijauan.

"Kita berharap peran serta masyarakat Okura khususnya dan Rumbai Timur umumnya serta perusahaan yang merasa terpanggil untuk menyukseskan gerakan ini," kata Danang, Senin (13/5/2024).

Berbagai pohon penghijauan tersebut, diantaranya Daru, mangrove/bombang erta bambu.

"Kita beri tema gerakan ini dengan Selamatkan Sungai Siak, dan akan terus berkelanjutan sebulan sekali. Demikian pula untuk perawatan," ujar Danang.

Menurut Dt. Jonhor, kegiatan sosial ini murni kesadaran diri untuk menjaga kelestarian Sungai Siak.

"Kita membuka diri atau mengajak Perusahaan-perusahaan yang berada di aliran sungai dapat ikut serta dalam kegiatan ini, khususnya PLTU Tenayan, PLTG tenayan dan juga pabrik, termasuk Pabrik Pupuk PT. Aginda Riau Abadi serta ormas-ormas," tuturnya.

Baik Danang atau Dt. Jonhor yakin dengan bersinergi dan kekompakan bersama, kegiatan dalam menjaga kelestarian Sungai Siak ini dapat menghidupkan kembali keindahan dan kelestarian sungai.

"Sungai Siak ini akan menjadi warisan untuk anak cucu dikemudian hari," kata Danang.***

Penulis: Danang, Editor: Isman