Pekanbaru Butuh Sekitar Rp1,8 Miliar untuk Satu Kali Makan Siang Gratis

Jumat, 27 September 2024 - 21:35:35 WIB

Pj Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa dan sejumlah murid SDN 68 pada uji coba Makan Siang Gratis, Kamis, 12 September 2024.

Betuah Pekanbaru - Kota Pekanbaru, Riau, membutuhkan anggaran sekitar Rp1,8 miliar untuk satu kali pelaksanaan Makan Siang Gratis di seluruh sekolah mulai tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga SMP sederajat.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal mengatakan, total terdapat sebanyak 120 ribu peserta didik tingkat PAUD, SD dan SMP sederajat di wilayah setempat.

Ratusan ribu peserta didik itu diusulkan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru ke Pemerintah Pusat sebagai penerima Makan Siang Gratis dengan budget senilai Rp15 ribu per paket.

Jamal menyebutkan, kebutuhan anggaran dan jumlah peserta didik penerima Makan Siang Gratis itu diusulkan bersamaan dengan laporan hasil uji coba Makan Siang Gratis yang telah dilaksanakan di SDN 68 dan SMPN 32 pada 12 September lalu.

"Kemarin sudah dibuat laporan, sudah dikirimkan laporannya ke kemeterian. Laporan pelaksanaan uji coba kemarin. Yang kita laporkan seputar pelaksanaan, mulai dari persiapan hingga pendistribusian," ungkapnya, Jumat (27/9/2024).

"Kemudian kita juga memberikan hitungan uang, dana yang diperlukan dengan jumlah anak 120 ribu dikali Rp15 ribu, butuh dana sekian," ulas Jamal.

Namun ia menyampaikan jika jumlah anak penerima dan anggaran yang dibutuhkan tersebut baru bersifat usulan. Untuk kepastian pelaksanaan Makan Siang Gratis sendiri masih menunggu kebijakan lebih lanjut dari Pemerintah Pusat.

"Karena dari pusat kan belum ada juknisnya (petunjuk teknis). (Budget) Rp15 ribu ini kan baru masukan. Dengan Rp15 ribu itu sudah dapat 1 kotak susu. Tapi kalau nanti uangnya kurang, tentu kita kurangi susunya," ujar Jamal.

Seperti diketahui, Pemko Pekanbaru telah melaksanakan uji coba Makan Siang Gratis di dua sekolah yakni SDN 68 dan SMPN 32. Ada 939 peserta didik di dua sekolah itu yang menerima Makan Siang Gratis dengan anggaran Rp15 ribu per paket.

Makan Siang Gratis sendiri merupakan program dari Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.***