Pentingnya Ilmu, Judul Khutbah Ustadz Irsyad  S.Pd.I di Masjid  Al-Hidayah Pekanbaru

Senin, 21 Oktober 2024 - 07:49:11 WIB

Ustadz Irsyad  S.Pd.I

Betuah Pekanbaru- Jumat, 18 Oktober 2024 / 15 Rabiul Akhir 1446 H, pukul 12.05 WIB, kembali dilakukan ibadah rutin sholat Jumat di masjid Al Hidayah, Gang Al Hidayah, Jalan Ash-Shofa I, Labuh Baru Barat, Payung Sekaki, Pekanbaru.

Bertindak selaku khotib dan imam sholat Jumat kali ini ustadz Said Muhammad Irsyad Al Idrusi S.Pd.I dan muadzin Muhammad Daniel Firdaus.

Judul khutbah jumat kali ini adalah "Pentingnya Ilmu". Ustadz Irsyad menuturkan bahwa pondasi Islam ada 5.

"Islam pada dasarnya dibangun dengan 5 pondasi, yaitu mengucapkan syahadat, mendirikan sholat, membayar zakat, berpuasa dan menunaikan haji bagi yang mampu. Akan tetapi sebelum melakukan kewajiban tersebut, mengerti dan memahami kaidah serta syaratnya adalah wajib, agar tidak tersesat dan diterima amalan tersebut, maka pentingnya belajar dan berilmu sebelum melakukan syariat agama." tutur ustadz Irsyad.

Ditambahkan bahwa ilmu dapat mengangkat derajat seseorang." Orang yang berilmu akan dapat menaikkan derajat seseorang, semakin tinggi ilmunya semakin tinggi derajatnya asal ilmu tersebut sesuai Alquran dan hadist serta diamalkan, bukan hanya dipelajari. Dan dengan adanya ilmu memudahkan manusia menuju surga." tambah ustadz Irsyad.

"Kita hidup didunia bukan untuk senang-senang, tetapi didunia ini ladang untuk kita beramal dan menuntut ilmu agar dalam alam kubur kita bisa menjawab pertanyaan malaikat tentang siapa Tuhanmu, siapa Nabimu dan apa Agamamu, pertanyaan tersebut hanya dapat kita jawab apabila kita berilmu secara benar dan mengerjakan amalannya, semoga kita dapat menjawab 3 pertanyaan tersebut dan terhindar dari siksa alam kubur." tutup ustadz Irsyad dalam khutbah nya.

Sebelum khotib naik mimbar, ada beberapa informasi yang disampaikan ustadz Purna Warman selaku imam tetap masjid Al-Hidayah.

"Jamaah diharap mengisi shaf terdepan, dan jadwal tahsin kita tetap dilakukan tiap senin bakda isya dan kamis bakda ashar. Untuk kotak infak harap dijalankan setelah selesai sholat jumat berjamaah dan bagi yang ingin berpartisipasi kegiatan Jumat berkah bisa menghubungi pengurus masjid."

Pantauan bertuah.com jumat kali ini tidak kurang dari 200 jamaah menghadiri sholat jumat.

Sebagai pungkasan kegiatan, dilakukan jumat berkah, makan siang bersama dengan nasi kotak yang selalu disiapkan oleh Haji Sahrul selaku donatur tunggal masjid Al Hidayah.

 "Terima kasih kepada Haji Sahrul yang selalu rutin menyediakan nasi kotak untuk Jumat Berkah dan beberapa pihak yang ikut berpartisipasi seperti Bebek Madura bu Achi, Warung Lili, Catering bu Nur, Ampera Tanpa Nama, Ampera Yasmin, Ampera Lubuk Bangku, Sarapan pagi Mbak Rini, Ayam Geprek Hakiki, Ampera Ajo Don, RM. Putra Sederhana, RM. Purnama, Ampera Ni Nyet dan hamba Allah. Silahkan bagi yang mau berkontribusi bisa menghubungi pengurus masjid. Semoga menjadikan ladang amal di Yaumul Hisab" tutup salah satu pengurus masjid Al-Hidayah.***