Belajar Penyusunan APBD, DPRD Solok Studi Banding ke DPRD Pekanbaru

Selasa, 22 Oktober 2019

PEKANBARU - Anggota DPRD Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Senin (21/10/2019) menyambangi gedung DPRD Kota Pekanbaru di Jalan Jenderal Sudirman.

Kedatangan wakil rakyat Kabupaten Solok tersebut dalam rangka saudi banding terkait pembahasan dan penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Wakil Ketua DPRD Solok Renaldo Gusmal menyebut, pemilihan Pekanbaru sebagai lokasi studi banding karena Pekanbaru merupakan daerah strategis dan daerah yang sedang berkembang di berbagai sektor, terutama di bidang pembangunan.

"Untuk itu, kami ingin meminta semacam kisi-kisilah, apa upaya yang dilakukan DPRD Pekanbaru dan pihak pemerintah dalam upaya meningkatkan pendapatan asli daerah," ujar Renaldo usai pertemuan di ruang Paripurna DPRD Pekanbaru.

Menurut Politisi PAN ini lagi, pertemuan dengan DPRD Pekanbaru juga membahas persoalan lainnya yang saat ini terjadi di Kabupaten Solok, di antaranya persoalan penerapan pajak restoran di yang kurang berjalan baik dan maksimal.

"Selain membahas soal APBD 2020, tadi kita juga membahas persoalan lain yang paling menonjol yakni terkait penerapan pajak restoran. Di mana di Solok, pajak restoran ini ada tapi kurang tersentuh, makanya tadi kita juga tanyakan di sini penerapannya bagaimana," ucap dia.

"Alhamdulillah, tadi dari berbagai diskusi ada bebepa poin atau catatan yang bisa dijadikan masukan dan disesuaikan bahkan bisa diterapkan di DPRD Solok," ulas Renaldo.

Sementara Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri mengatakan, kunjungan DPRD Solok itu merupakan kunjungan kerja perdana pasca disahkannya susunan alat kelengkapan dewan (AKD) DPRD Pekanbaru. 

 "Kedatang mereka bertujuan, untuk sharing informasi tentang penyusunan APBD 2020 karena Pekanbaru telah lebih dahulu melakukan pengesahan APBD 2020 pada Bulan September oleh anggota dewan periode lama," ungkapnya.

Dalam pertemuan tersebut turut hadir Anggota DPRD Pekanbaru di antaranya Arwinda Gusmalina, Sovia, Eri Sumarni, Sabarudi dan Davit Marihot Silaban.

Usai pertemuan, dilakukan penyerahan cinderamata serta sesi foto bersama antara DPRD Pekanbaru dan DPRD Kabupaten Solok. Selain belajar ke Pekanbaru, rombongan DPRD Kabupaten Solok juga berencana akan menyambangi DPRD Kabupaten Kampar sebagai bahan refrensi dan perbandingan. (galeri)


Wakil Ketua DPRD Solok Renaldo Gusmal menyerahkan cinderamata ke Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri.

Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri saat memimpin pertemuan dengan DPRD Kabupaten Solok.

Anggota DPRD Pekanbaru foto bersama dengan Anggota DPRD Solok.