35 Daerah di Jateng Jadikan Pekanbaru Rujukan Pembentukan Mal Pelayanan Publik

Jumat, 08 Maret 2019 - 19:26:42 WIB Cetak

Sekdako Pekanbaru M Noer memberi penjelasan seputar pelayanan di MPP Pekanbaru ke ketua rombongan 35 kabupaten/kota se Jawa Tengah, Jumat (8/3/2019).

BETUAH.COM, PEKANBARU - Sebanyak 35 kabupaten/kota se Provinsi Jawa Tengah (Jateng), menjadikan Kota Pekanbaru sebagai daerah rujukan pembentukan Mal Pelayanan Publik (MPP).

Hal itu ditandai dengan kunjungan kerja perwakilan 35 kabupaten/kota se Jateng ke MPP Pekanbaru di lantai dasar kantor Walikota Pekanbaru, Jumat (8/3/2019) siang.

Kehadiran rombongan 35 kabupaten/kota se Jateng yang dipimpin Pelaksana tugas (Plt) Kepala DPMPTS Provinsi Jateng Didik Subiyantoro, disambut Sekdako Pekanbaru M Noer didampingi Asisten III Baharuddin dan Kepala DPMPTSP Pekanbaru Muhammad Jamil.

Dalam kunjungan itu, rombongan pemerintah daerah se Jateng diajak Sekdako Pekanbaru M Noer memantau seluruh pelayanan yang diberikan di MPP.

Usai meninjau satu per satu pelayanan di MPP Pekanbaru, ketua rombongan perwakilan kabupaten/kota se Jateng Didik Subiyantoro menyebut jika pelayanan perizinan yang diberi di MPP Pekanbaru memang layak untuk dijadikan sebagai bahan rujukan dalam pembentukan MPP.

"Sehingga kami perlu belajar dari daerah yang sudah dikenal dan sudah diketahui secara luas, bahwa Kota Pekanbaru ini sudah cukup diandalkan. Karena itu hari ini kami bersama 35 kabupaten kota di Jawa Tengah datang ke sini (Pekanbaru)," ungkapnya.

Diakui Didik, jumlah pelayanan perizinan dan non perizinan yang dilayani di MPP Pekanbaru jauh lebih lengkap dari MPP kabupaten/kota di Indonesia yang juga sudah menerapkan pelayanan terpadu satu pintu.

"Seperi di Jawa Tengah, sekarang baru Banyumas yang menerapkan MPP. Namun untuk pelayanan memang belum selengkap di MPP Pekanbaru. Di sini juga ada Bea Cukai, Kejaksaan, Notaris dan lain-lain," ucapnya.

"Nantinya akan ada empat daerah yang juga akan membangun MPP, makanya kita belajar dulu ke Pekanbaru," ulasnya.

Di tempat yang sama, Kepala DPMPTSP Banyumas Herni Sulasti mengatakan saat ini baru terdapat 18 instansi yang memberi pelayanan di MPP setempat. 

"Sementara di sini (MPP Pekanbaru) ada 24 instansi, sangat lengkap," ujar dia.

Tidak Hanya Cerita 

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru M Noer menyatakan jika penilaian MPP Pekanbaru senagai Mal Pelayanan Publik terbaik dan terlengkap di Indonesia bukan hanya sekedar cerita.

"Buktinya, mereka datang ke sini dan mengakui secara langsung," kata M Noer.

Sebelumnya, terang dia, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi juga telah mengakui inovasi dan pelayanan di MPP Pekanbaru merupakan yang terlengkap dan terbaik dari 14 MPP yang sudah beroperasi di kabupaten/kota di Indonesia.

"Alhamdulillah, hari ini juga diakui sebanyak 40 orang dari 35 kabupaten/kota se Jawa Tengah," sebut M Noer.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Kota Pekanbaru M Jamil mengatakan rombongan 35 kabupaten/kota se Jateng itu merupakan pejabat di Dinas PM-PTSP. 

"Mereka mengakui kelebihan kita dan kekurangan mereka. Ini merupakan motivasi bagi kita, karena meski baru diresmikan oleh Menpan, namun MPP Pekanbaru sudah dijadikan sebagai rujukan oleh kabupaten/kota di Indonesia," ucap Jamil. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+