Presiden Jokowi Dijadwalkan Kunjungi MPP Pekanbaru Kamis Siang

Selasa, 12 Maret 2019 - 16:05:22 WIB Cetak

Kepala DPMPTSP Pekanbaru Muhammad Jamil

BETUAH.COM, PEKANBARU - Jika tak ada aral melintang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan mengunjungi Mal Pelayanan Publik (MPP) di lantai dasar Kantor Walikota Pekanbaru Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (14/3/2019) siang.

"Jadwalnya seperti itu, mudah-mudahan tidak ada perubahan," harap Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Pekanbaru Muhammad Jamil, Selasa (12/3/2019).

Dalam kunjungan nanti, terang Jamil, Presiden Jokowi akan didampingi Ibu Negara Hj Iriana beserta sejumlah menteri.

"Informasi yang kita terima, nanti bapak presiden akan berkunjung ke Riau dalam rangka peresmian PT Asian Pacific Rayon di Pangkalan Kerinci. Kemudian Kamis siang, bapak presiden dan rombongan menyempatkan waktu mengunjungi MPP," ujarnya.

Terbaik dan Terlengkap

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin menyatakan jika MPP Pekanbaru merupakan salah satu Mal Pelayanan Publik terbaik dan terlengkap dari 14 MPP kabupaten/kota di Indonesia yang sudah terlebih dahulu beroperasi.

Hal itu disampaikan Menpan pada peresmian MPP Pekanbaru di halaman kantor Walikota Pekanbaru, Rabu (6/3/2019) lalu.

"Ruangannya cukup luas, servis cukup banyak, lengkap, dan terdapat 173 pelayanan perizinan dan non perizinan yang dilayani," ujarnya.

MPP, kata Menpan, merupakan inovasi pelayanan yang bertujuan memberi pelayanan berkualitas sehingga masyarakat bisa terlayani secara efisiens dan efektif.

"MPP ini memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan yang maksimal, sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik," ucapnya.

Jadi Rujukan

Meski baru dioperasikan, namun MPP Pekanbaru sudah menjadi rujukan bagi kabupaten/kota yang hendak membangun Mal Pelayanan Publik. Terbukti, pada Jumat (8/3/2019) siang puluhan perwakilan 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah berkunjung ke MPP Pekanbaru.

Menurut Pelaksana tugas (Plt) Kepala DPMPTS Provinsi Jateng Didik Subiyantoro yang merupakan ketua rombongan, pelayanan perizinan yang diberi di MPP Pekanbaru memang layak untuk dijadikan sebagai bahan rujukan dalam pembentukan MPP.

MPP Kota Pekanbaru ini sudah cukup diandalkan, sudah dikenal dan sudah diketahui secara luas. Karena itu hari ini kami bersama 35 kabupaten kota di Jawa Tengah datang ke sini (Pekanbaru)," ungkapnya.

Diakui Didik, jumlah pelayanan perizinan dan non perizinan yang dilayani di MPP Pekanbaru juga jauh lebih lengkap dari MPP kabupaten/kota di Indonesia yang juga sudah menerapkan pelayanan terpadu satu pintu.

"Seperi di Jawa Tengah, sekarang baru Banyumas yang menerapkan MPP. Namun untuk pelayanan memang belum selengkap di MPP Pekanbaru. Di sini juga ada Bea Cukai, Kejaksaan, Notaris dan lain-lain," ujarnya.

Bukan Sekedar Cerita

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru M Noer menyatakan, penilaian MPP Pekanbaru sebagai Mal Pelayanan Publik terbaik dan terlengkap di Indonesia bukan hanya sekedar cerita.

"Buktinya, mereka (perwakilan 35 kabupaten/kota se Jateng) datang ke sini dan mengakui secara langsung," tegasnya.

Disampaikan M Noer, pengakuan mulai dari bangunan, fasilitas dan pelayanan di MPP Pekanbaru sebagai MPP terbaik dan terlengkap sudah disebut banyak pihak mulai dari Menpan RB, Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo hingga Gubernur Riau Syamsuar.

"Alhamdulillah, hari ini juga diakui sebanyak 40 orang dari 35 kabupaten/kota se Jawa Tengah," tutupnya. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+