Anggaran Pembinaan Gepeng di Dinsos Pekanbaru Hanya Rp300 Juta

Kamis, 14 Maret 2019 - 21:24:20 WIB Cetak

Kepala Dinas Sosial Pekanbaru Chairani

BETUAH.COM, PEKANBARU - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru, tahun ini hanya memiliki anggaran sebesar Rp300 juta untuk pembinaan terhadap gelandangan dan pengemis (gepeng) dan anak jalanan.

"Anggaran pembinaan Rp300 juta, tapi di dalamnya sudah termasuk untuk listrik dan semacamnya. Seperti operasional termasuk pengamanan dan pendampingan," kata Kepala Dinsos Pekanbaru Chairani, Kamis (14/3/2019).

Dengan anggaran Rp300 juta, sebut dia, Dinsos hanya bisa melakukan pembinaan terhadap 180 gepeng dan anak jalanan.

"Di dalam anggaran Rp300 juta ini juga termasuk biaya sandang dan pangannya," ungkap mantan Camat Tampan ini.

Disampaikan Chairani, bentuk pembinaan yang dilakukan khususnya untuk anak punk/anak jalanan tergantung kondisi anak punk bersangkutan. Biasanya, terang dia, lama pembinaan mencapai satu bulan.

Ia mengakui cukup sulit melakukan pembinaan terhadap anak punk ini. Sebab, persoalan pribadi anak-anak punk cukup beragam.

"Mengembalikan psikis anak punk ini tidak semudah yang kita kira. Minimal tiga hari (di shelter), ada tujuh hari kita lihat situasional, bahkan ada sebulan. Tidak bisa kita pukul rata semua, tergantung psikis. Jadi tidak bisa dipukul rata, setiap mereka punya masalah berbeda. Ada yang masalah dengan keluarga, ada putus dengan pacar dan lainnya," papar Chairani.

Bentuk pembinaan sendiri, sambung dia, lebih mengembalikan jati diri anak punk ini. Seperti diajarkan untuk dekat dan mengenal agama. 

"Jadi ada yang kita ajari shalat, kita beri pengarahan, masuk ke mereka ini harus pelan-pelan. Karena mereka besar di jalan," tutupnya. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+