Pedagang di Festi Night Mengaku Dikutip Rp3 Juta per Bulan

Jumat, 15 Maret 2019 - 18:27:00 WIB Cetak

Ilustrasi pedagang di car free nihgt/net

BETUAH.COM, PEKANBARU - Pedagang yang akan berjualan di kawasan Pekanbaru Festi Night atau yang lebih dikenal dengan Car Free Night kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Tunjuk Anjar Jalan A Yani, mengaku dikenakan biaya sewa lapak sebesar Rp3 juta per bulan.

Dari keterangan salah seorang pedagang kepada wartawan, biaya jutaan rupiah itu termasuk sewa tenda, meja, kuris dan listrik.

"Iya (bayar Rp3 juta). Satu hari Rp375 ribu. Hitungannya per hari, dua kali (pada Jumat dan Sabtu malam). Satu bulan 8 kali pertemuan, jadi satu bulan Rp3 juta totalnya," ungkap pedagang tersebut, Jumat (15/3/2019).

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pekanbaru Nurfaisal membantah adanya pungutan bagi pedagang yang akan berjualan di kawasan Festi Night.

"Tidak ada pungutan. Sebab pihak ketiga membiayai sendiri kegiatan ini," tegas dia. 

Untuk Festi Night sendiri, terang dia, nantinya akan dikelola Riau Kreatif Hub selaku pihak ketiga. "Dalam hal ini kita hanya bersipat memfasilitasi lokasi agar bisa menjadi lokasi kegiatan," ujar dia.

Baru Uci Coba

Pekanbaru Festi Night sendiri masih tahap uji coba dan akan dilakukan soft launching pada malam ini, Jumat (15/3/2019).

"Uji cobanya dua hari (Jumat malam dan Sabtu malam). Titik soft launching di RTH (Ruang Terbuka Hijau) Ahmad Yani. Sof launching kita gelar pukul 20.00 WIB atau habis Shalat Isya," sebut Nurfaisal.

Selama soft launching Pekanbaru Festi Night, terang dia, akan dilakukan penutupan jalan mulai dari RTH Ahmad Yani mengarah ke Pasar Bawah hingga Jalan Juanda.

Meski dilakukan penutupan jalan, namun Nurfaisal memastikan tak terlalu berdampak terhadap kelancaran arus lalu lintas. "Tidak akan banyak yang terganggu, karena rute yang ditutup juga tidak banyak rumah penduduk," ucapnya.

Lebih jauh disampaikan Nurfaisal, dari laporan calon pengelola Pekanbaru Festi Night, yakni Riau Kreatif Hub, hingga kini sudah tercatat sekitar 65 pelaku usaha yang terdiri dari 16 sektor ekonomi kreatif yang akan meramaikan kegiatan tersebut.

"Jadi bukan 16 pelaku usaha, tapi 16 sektor ekonomi kreatif. Pekanbaru Festi Night ini juga bukan pasar malam, ini sering juga salah diartikan masyarakat,"  tutupnya. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+