Terus Mewabah, Penderita Demam Berdarah Tembus 129 Kasus

Selasa, 26 Maret 2019 - 14:30:45 WIB Cetak

Ilustrasi demam berdarah dengue/net

BETUAH.COM, PEKANBARU - Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Pekanbaru terus mewabah. Terhitung Januari hingga pekan ke-3 Maret 2019 sudah tercatat sebanyak 129 kasus.

Dari data Dinas Kesehatan Pekanbaru, untuk penderita DBD tertinggi tercatat di Kecaman Sukajadi sebanyak 21 kasus, disusul Payung Sekaki 20 dan Marpoyan Damai 16 kasus.

Kemudian Kecamatan Tampan sebanyak 15 kasus, Tenayan Raya 11, Rumbai 9, Sail 8, Senapelan dan Limapuluh masing-masing 7 kasus, serta Rumbai Pesisir dan Bukit Raya masing-masing 6 kasus.

"Untuk kasus terendah di Kecamatan Pekanbaru Kota 3 kasus. Total 129 kasus," urai Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Diskes Kota Pekanbaru Maisel Fidayesi, Selasa (26/3/2019).

Guna meminimalisir terus mewabahkan penederita DBD akibat gigitan nyamuk aedes aegypti itu, warga dihimbau untuk menjaga kebersihan rumah dan lingkungan tempat tinggal.

"Terutama kebersihan dalam rumah, karena nyamuk ini malah banyak bersarang dalam rumah, dalam ruangan," ungkapnya.

Menurut Maisel, meningkatnya penderita DBD juga akibat cuaca yang tak menentu. Untuk itu, Puskesmas, kecamatan, kelurahan hingga RT/RW harus berperan aktif dengan mengingatkan warga menerapkan 3M plus.

"Salah satunya menutup wadah yang bisa menampung air, jangan biarkan ada genangan air karena bisa menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk penyebab demam berdarah. Terlebih di kamar mandi. Jika rumah memakai bak mandi, agar sering dibersihkan," pesannya.

Disampaikannya, pencegahan DBD harus dilakukan bersama-sama. Adanya upaya masyarakat untuk pencegahannya sangat diperlukan sekali.

"Kami dari Diskes juga sudah melakukan edukasi kepada masyarakat melalui kader Puskesmas untuk mengaktifkan satu Rumah satu kader Jumantik," tutup dia. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+