AS Tekan Indonesia Lantaran Beli 11 Unit Jet Tempur SU-35 Rusia

Rabu, 27 Maret 2019 - 00:05:08 WIB Cetak

Sukhoi SU-35

BETUAH.COM, MOSKOW - Sama halnya dengan negara lain, Indonesia ternyata juga mendapat tekanan dari Amerika Serikat terkait pembelian 11 unit jet tempur Sukhoi SU-35 buatan Rusia. Hal itu diakui Duta Besar Indonesian untuk Rusia, Mohamad Wahid Supriyadi.

Menyikapi adanya tekanan AS itu, Wahid menyatakan jika Indonesia posisinya netral dan independen dalam membuat keputusan.

"Pemerintah (Indonesia)telah membuat keputusan untuk dirinya sendiri dan ini adalah masalah internal, masalah kepentingan nasional dan keputusan secara alami akan dibuat oleh kami," tegas dia kepada kantor berita TASS, Senin (25/3/2019).

Sesuai perjanjian kerja sama, terang Dubes Wahid, jet tempur canggih itu akan mulai dikirim ke Indonesia pada tahun ini.

"Anda tahu, ini adalah masalah teknis karena perjanjian telah ditandatangani. Pembicaraannya adalah tentang penerapannya secara teknis karena skema itu sendiri cukup baru bagi kami," ujarnya.

"Seperti yang Anda tahu, skema ini membayangkan pertukaran beberapa produk untuk produk lain dan saya sangat berharap bahwa itu akan diimplementasikan dalam waktu dekat. Saya berharap ini akan terjadi tahun ini," ulas Wahid menanggapi pertanyaan tentang kapan pengiriman pesawat tempur Su-35 ke Indonesia akan dimulai.

Lebih lanjut, Dubes Wahid mengatakan bahwa Rusia dan Indonesia sedang mengerjakan proyek-proyek baru di bidang kerja sama militer dan teknis. Hanya saja, dia menolak untuk memberikan rincian proyek tersebut.

"Setiap tahun, komisi khusus untuk kerja sama militer dan teknis mengadakan sesi untuk membahas masalah saat ini," imbuh dia, seperti dilansir Sindonews. (red)



Baca Juga Topik #internasional+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+
Internasional

Erdogan: Turki akan Gantikan AS Gempur ISIS di Suriah

Sabtu, 22 Desember 2018
Internasional

Sultan Abdullah Dinobatkan Sebagai Raja ke-16 Malaysia

Kamis, 31 Januari 2019