Rizqi Abadi: Enam Prinsip Pengawasan Pemilu yang Harus Diketahui

Kamis, 04 April 2019 - 15:12:25 WIB Cetak

Rizqi Abadi

BETUAH.COM, PEKANBARU - Koordinator Divisi (Kordiv) Pengawasan, Humas dan Hubal Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pekanbaru Rizqi Abadi menyatakan, terdapat enam prinsip pengawasan pemilu yang harus diketahui pengawas pemilu mulai dari tingkat kecamatan, kelurahan hingga pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Keenam prinsip pengawasan dimaksud di antaranya tepat jumlah, tepat jenis, tepat waktu, tepat sasaran, tepat kualitas dan efisien.

Tepat jumlah, terang Rizqi, pengawas pemilu harus memastikan kesesuain jumlah logistik yang ada atau yang diproduksi dengan dokumen pengadaan.

"Misal (jumlah) surat suara itu kan DPT (daftar pemilih tetap) ditambah 2 persen, maka kita sesuaikan surat suara yang didistribusikan itu sama jumlahnya dengan yang tercantum di berita acara," paparnya saat memberi pengarahan pada bimtek pendistribusian logistik pemilu bagi Panwaslu Kelurahan se Kecamatan Tampan di ballroom Hotel Mona, Rabu (3/4/2019) malam.

Kordiv Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Pekanbaru Rizqi Abadi saat memberi pengarahan pada bimtek pendistribusian logistik pemilu bagi Panwaslu Kelurahan se Kecamatan Tampan di ballroom Hotel Mona, Rabu (3/4/2019) malam.

Kemudian tepat waktu, seluruh tahapan pelaksanaan pemilu harus sesuai jadwal yang ditentukan. Dalam hal ini, pengawas pemilu harus memastikan tak ada satu tahapan pun yang dilakukan penundaan.

"Karena kalau satu tahapan tertunda akan berpengaruh pada tahapan selanjutnya," ujar dia.

Untuk tepat sasaran, kata Rizqi, pengawas pemilu harus memastikan logistik yang didistribusikan sampai ke TPS tujuan dan memprioritaskan pendistribusian ke lokasi yang jauh terlebih dahulu.

"Jika logistik yang didistribusikan salah alamat, tentu akan memakan waktu lagi untuk mengantarnya ke TPS yang dituju. Begitu juga dengan logistik, seperti surat suara, pastikan tidak ada yang tertukar antara TPS satu dengan TPS lain. Untuk pengawasan ini sudah mulai diawasi dari tingkat KPU," sebut dia.

"Terkait kualitas dan efisien, ini memeriksa kesesuaian desain surat serta kualitas penyimpanan hasil cetak," ulasnya. (abd)



Baca Juga Topik #politik+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+