Aksi Demo Guru Tuai Protes, Begini Komentar Wali Murid dan Netizen

Selasa, 09 April 2019 - 20:03:34 WIB Cetak

Guru ASN sertifikasi saat demo di gedung DPRD Pekanbaru, Senin (8/4/2019) pagi.

BETUAH.COM, PEKANBARU - Aksi demo menuntut tambahan penghasilan sebesar Rp1 juta per bulan yang digelar ribuan guru berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) bersertifikasi hingga meninggalkan peserta didik yang tengah melaksanakan ujian, semakin banyak menuai protes.

Protes tak hanya datang dari wali murid yang merasa dirugikan, namun juga datang dari masyarakat umum.

Tak sedikit pula dari wali murid dan warga yang meminta agar Walikota Pekanbaru Firdaus memberikan sanksi tegas terhadap guru yang melakukan aksi demo saat jam mengajar khususnya ketika peserta didik tengah mengikuti ujian di sekolah.

Protes tersebut ada yang disampaikan secara langsung kepada Walikota Pekanbaru melalui pesan singkat, juga ada disampaikan melalui kontak center Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru maupun melalui media sosial (medsos).

"Di kontak center pemko sejak dua hari terakhir memang sudah banyak protes dan keluhan warga terkait aksi demo yang dilakukan guru, terutama demo hari Senin (8/4/2019) kemarin karena waktu itu kan sama-sama kita ketahui pelajar tingkat SMP tengah mengikuti ujian," kata Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Pekanbaru Firnansyah Eka Putra, Selasa (9/4/2019).

Berikut beberapa protes terkait aksi demo guru saat peserta didik tengah mengikuti ujian di sekolah; 

"Kpd yth
Bapak walikota
Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru
Dapat kami laporkan saat ini seluruh SD di Pekanbaru sedang melaksanakan ujian kelas 6
Tetapi sejumlah sekolah membiarkan anak-anak ujian begitu saja, karena gurunya ikut demo di DPRD Pekanbaru
Tolong sikapi hal ini pak
Guru-guru sudah membuat rusak pendidikan di Pekanbaru
Batalkan sertifikasi mereka pak"

Pesan singkat yang dikirim salah seorang wali murid ke Walikota Pekanbaru melalui Whatsapp 

"Saya orang yg pertama mengecam guru di pekanbaru demo, apakah bagi mereka sekolah itu ladang uang, sekolah itu ladang ibadah, ngajar ikhlas Allah pasti ngasih jalan lain bwt anda dpat uang" kata netizen atau pengguna medsos menanggapi aksi demo guru.

"Oalah kami tau apa yg kalian tuntut tapi tolonglah luang kan waktu sampai ujian nya selesai baru demo lg.......mirissssss" kata netizen lainnya.

"Pahlawan tanpa tanda jasa......itu dulu pada zaman Umar Bakri..., sekarang bukan zamannya lagi.." ucap netizen lainnya.

Komentar netizen soal demo guru ASN sertifikasi

Sekedar informasi, demo yang digelar guru ASN bersertifikasi pada Senin (8/4/2019) pagi di Gedung DPRD Pekanbaru merupakan aksi yang ke-7 kali. Tuntutannya masih sama, mendesak pemerintah kota merevisi Perwako Nomor 7 tahun 2019 dan kembali mengalokasikan anggaran untuk TPP guru sebesar Rp1 juta per bulan. (abd)



Baca Juga Topik #pendidikan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+