Pekanbaru Terima Penghargaan Wisata Halal dari Kemenpar

Selasa, 09 April 2019 - 21:23:08 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus menerima penghargaan Pariwisata Halal dari Menpar Arief Yahya, Selasa (9/4/2019).

BETUAH.COM, JAKARTA - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, Provinsi Riau, menerima penghargaan Destinasi Wisata Halal unggulan dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI.

Penghargaan itu diserahkan secara langsung oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya kepada Walikota Pekanbaru Firdaus, pada acara Wonderful Indonesia Halal Tourism Meeting and Conference, di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (9/4/2019).

Menpar Arief Yahya mengatakan, saat ini Indonesia merupakan salah satu negara yang diperhitungkan dalam industri pariwisata halal dunia. Sebagai pemain global, sebut dia, Indonesia menggunakan standar yang mengadopsi standar Global Muslim Travel Index (GMTI).

"Ditargetkan, Indonesia meraih ranking pertama sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia. Kita menargetkan lima juta wisman muslim friendly atau 25 persen dari target 20 juta wisman tahun ini," ucapnya. 

Sementara itu, Walikota Pekanbaru Firdaus menyatakan komitmennya untuk terus mengembangkan pariwisata halal di Kota Bertuah.

Disampaikan walikota, wisata halal bukan bermaksud mengkotak-kotakan makanan halal hanya untuk masyarakat muslim saja. Akan tetapi, wisata halal juga bisa dinikmati oleh semua masyarakat Pekanbaru tanpa terkecuali. 

"Jangan konotasi untuk umat muslim saja, tidak. Ini bagi seluruh masyarakat baik muslim maupun non muslim," tegasnya.

Menurut walikota, wisata halal merupakan bentuk implementasi Pekanbaru sebagai Kota Smart City Madani. Produk halal dapat memberikan kenyaman, rasa aman kepada wisatawan yang berkunjung. 

"Wisata halal memiliki cakupan yang luas. Tak hanya soal berkunjung ke lokasi religius, namun juga ke lokasi-lokasi umum dengan tetap menjaga adab sebagai muslim dan memberikan fasilitas serta kemudahan bagi para wisatawan muslim," paparnya.

Untuk itu, walikota mengimbau seluruh masyarakat maupun pelaku usaha kecil menengah agar menonjolkan produk halal meliputi cara pelayanan, cara berpakaian yang sopan dan santun melayanai wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. (abd)



Baca Juga Topik #Pemerintah Kota Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+