Tunjangan Pangan ASN akan Dibayar Dalam Bentuk Beras Bulog

Sabtu, 04 Mei 2019 - 02:26:54 WIB Cetak

Pekerja tengah mengangkut karung berisi beras di gudang Bulog/net

BETUAH.COM, JAKARTA - Tunjangan pangan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI dan Polri yang sebelumnya diterima setiap bulan dalam bentuk uang, nantinya akan dikembalikan lagi menjadi beras.

Direktur Pengadaan Perum Bulog Bachtiar menyatakan, pengalihan itu dilakukan sebagai upaya mengatasi penyaluran beras yang sedikit terhambat. Pasalnya, saat ini penyaluran satu-satunya hanya melalui komersil.

Sebelumnya, terang dia, Bulog memiliki program beras sejahtera (rastra) sehingga stok beras gudang tak penuh dan penyerapan beras dalam negeri tetap terjamin.

"Ada pembagian beras (dulu). Tapi setelah itu dikembalikan uang dan katanya tadi mau dikembalikan lagi (dalam bentuk beras). Jadi untuk hilir kalau nggak salah ada info nanti PNS, TNI, dan Polri sudah mulai beli berasnya Bulog, InsyaAllah," ujar dia di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Namun, Bachtiar mengaku belum mengetahui secara pasti jumlah beras yang akan diserap oleh ASN. Informasi awal, sebut dia, beras akan diberikan sebesar 18 kilogram (kg) per ASN per bulan.

"Waktu saya masih tentara, itu beras dari Bulog. Nah, jatahnya 18 kg per orang per bulan. Jadi nanti TNI itu dan PNS dihitung (berapa yang akan diserap)," ungkap dia, seperti dilansir Detik.com.

Sementara itu, saat ini stok beras di gudang Bulog ada sebanyak 2 juta ton. Angka ini akan terus meningkat dan dikhawatirkan mengganggu penyerapan beras dalam negeri. (red)



Baca Juga Topik #Ekonomi+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+