Pemerintah akan Buka 100 Ribu CPNS dan 100 Ribu P3K, Ini Jadwalnya

Kamis, 09 Mei 2019 - 23:07:22 WIB Cetak

Menpan RB Syafruddin/net

BETUAH.COM, JAKARTA - Pemerintah pada tahun ini kembali berencana merekrut sebanyak 100 ribu Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin menyebut, lowongan CPNS yang akan diprioritaskan bagi guru honor atau tenaga pendidik itu akan dibuka pada Oktober 2019 mendatang.

"Tetap guru honorer yang lebih diutamakan, ini untuk seluruh Indonesia," ungkapnya kepada wartawan di Hotel Shangri-la, Jakarta Pusat, Kamis (9/5/2019).

Disampaikan Menpan, wacana perekrutan CPNS itu mengingat kebutuhan tenaga pendidik memang meningkat. Namun, Menpan belum bisa memberikan rincian lebih lanjut terkait rencana pembukaan lowongan CPNS tersebut karena mekanismenya masih dirumuskan.

"Tapi ini belum diatur (berapa banyak formasinya)," ujar dia seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Selain karena ada kebutuhan, pemerintah kembali membuka lowongan CPNS untuk menutup jumlah pegawai yang pensiun. 

Di sisi lain, Menpan mengatakan pemerintah juga akan membuka lowongan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) sebanyak 100 ribu formasi. "Rencananya Juni kalau P3K," tutup dia.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menambahkan, sejauh ini memang rencana pembukaan lowongan untuk P3K diproyeksikan pada Juni 2019. Pasalnya, proses perekrutan tenaga P3K periode Februari lalu masih terus dilakukan hingga kini. 

"Mungkin sekitar itu. Kami masih menyelesaikan sekolah kedinasan dan (P3K) Papua dulu," ucapnya.

Pada Februari lalu, pemerintah telah membuka lowongan P3K bagi masyarakat di daerah tertentu, yakni Sulawesi Tenggara, Papua, dan Papua Barat. Namun, sejumlah bencana alam yang terjadi pada tahun lalu mengganggu jadwal perekrutan. (red)



Baca Juga Topik #nasional+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+