Penyelundupan 141 Ekor Burung Kakaktua Digagalkan Polisi

Senin, 13 Mei 2019 - 00:59:28 WIB Cetak

Barang bukti 141 ekor burung kakaktua yang berhasil diamankan Polres Inhil.

BETUAH.COM, TEMBILAHAN - Upaya penyelundupan sebanyak 141 ekor burung kakaktua berbagai jenis berhasil digagalkan Kepolisian Resor (Polres) Indragiri Hilir (Inhil).

Satwa liar yang dilindungi itu diamankan polisi di perairan Sungai Indragiri, Kelurahan Sungai Perak, Kecamatan Tembilahan, Kabupaten Inhil, Jumat (10/5/2019) kemarin.

Kapolres Inhil AKBP Christian Rony melalui Kasubbag Humas Polres AKP Syafri Joni mengatakan, pengunkapan itu berawal dari kecurigaan petugas terhadap satu unit speed boat Dita Exspres yang dinahkonai Abdul Salam alias Salam Bin Sakek yang mengangkut sebanyak 22 kotak.

"Pada saat petugas memeriksa speed boat tersebut, ditemukan sebanyak 22 kotak yang berisikan 141 ekor burung kakaktua dari berbagai jenis," ungkap dia kepada Antara, Minggu (12/5/2019).

Dari keterangan Abdul Salam alias Salam Bin Sakek, terang Joni, burung tersebut diangkut dati Batam, Kepulauan Riau menuju ke Tembilahan, Inhil.

Saat dilakukan penangkapan, diketahui burung-burung tersebut tidak dilengkapi dengan dokumen yang sah sehingga diduga adanya upaya perdagangan satwa liar yang dilindungi.

"Pada saat dilakukan penangkapan, nahkoda tidak dapat menunjukkan keabsahan dokumen burung dimaksud," ujarnya.

Guna proses penyidikan lebih lanjut, nahkoda bersama barang bukti langsung diamankan ke Mapolres Inhil.

"Untuk sementara, semua barang bukti sudah diamankan di Mapolres Inhil guna penyidikan lebih lanjut," tutupnya. (red)



Baca Juga Topik #hukrim+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+