Sejumlah Terminal Beralih Fungsi jadi Lokasi Parkir dan Ditempati Pedagang

Selasa, 14 Mei 2019 - 01:02:59 WIB Cetak

Terminal AKAP atau TBRPS di Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru/net

BETUAH.COM, PEKANBARU - Sejumlah terminal di dalam Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, kini mulai beralih fungsi menjadi lokasi parkir dan ada juga yang ditempati pedagang. 

Seperti Terminal Tipe C di kawasan Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (TBRPS) yang kini banyak didirikan lapak oleh pedagang serta menjadi lokasi bongkar muat barang.

Oleh pemerintah kota, terminal ini dikhususkan sebagai lokasi parkir Bus Trans Metro Pekanbaru (TMP). Hanya saja, tak semua bus mendapat tempat parkir karena sebagian areal terminal sudah berdiri lapak pedagang.

Begitu juga dengan kondisi Terminal Tipe C di Jalan Sultan Alamuddinsyah, Kecamatan Rumbai Pesisir yang beralih fungsi menjadi lokasi parkir kendaraan roda dua dan empat.

Padahal, Terminal Tipe C Rumbai Pesisir ini diperuntukkan bagi angkutan kota. Nyatanya, angkot jarang masuk ke lokasi terminal lantaran sebagian lokasi terminal sudah menjadi areal parkir.

Hal itu diakui secara langsung oleh Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Pekanbaru Yuliarso, Senin (13/5/2019). Namun, dia optimis fungsi terminal akan dikembalikan secara bertahap.

"Perlahan bakal kita benahi satu persatu," ujarnya.

Beralih fungsinya sejumlah terminal lantaran tak adanya biaya perawatan yang dialokasikan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Sehingga kondisi terminal memprihatinkan.

Ke depan, terang Yuliarso, pihaknya berencana mengusulkan anggaran untuk biaya perawatan terminal. "Ada rencana dianggarkan perbaikan terminal. Ada juga dibangun gedung KIR di areal tersebut," ucapnya. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+