Dewan Minta Dinsos dan Satpol PP Tingkatkan Pengawasan Gepeng

Rabu, 15 Mei 2019 - 16:34:06 WIB Cetak

Sigit Yuwono

BETUAH.COM, PEKANBARU - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru, meminta Dinas Sosial serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) meningkatkan pengawasan terhadap keberadaan gelandang dan pengemis (gepeng) jelang Idul Fitri 1440 H.

"Lakukan penertiban disetiap titik yang dianggap jadi tempat mangkal para gepeng ini," pinta Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Sigit Yuwono, Rabu (15/5/2019).

Disampaikan Sigit, keberadaan gepeng akan terus menjamur jelang lebaran nanti. Untuk itu, instansi terkait mesti meningkatkan pengawasan dan melakukan penertiban di lapangan seperti di perempatan lampu merah dan pusat-pusat perbelanjaan.

Menurut Sigit, instansi terkait mesti bisa memastikan tak adanya warga yang terganggu dengan keberadaan gepeng tersebut.

"Jangan sampai keberadaan gepeng tersebut menimbulkan keresaha dan membuat masyarakat tidak nyaman. Maka kita sekali lagi berharap ada upaya penertiban, apalagi jika ada yang mengkoordinirnya maka ini tidak bisa dibiarkan," tegas politisi Demokrat ini.

Untuk gepeng yang merupakan warga Pekanbaru, Sigit meminta Dinas Sosial memberikan pembinaan sehingga ke depannya tak kembali ke jalan.

"Untuk (gepeng dari) luar daerah, bisa langsung dipulangkan ke daerah asal serta berkoordinasi dengan pemerintah daerah gepeng berasal," ujarnya.

Meminimalisir keberadaan gepeng, Sigit berharap adanya peran serta masyarakat dan pengguna jalan salah satunya dengan tidak memberi sumbangan dalam bentuk apapun kepada gepeng yang meminta-minta di lampu merah dan pusat perbelanjaan.

"Satu orang gepeng saja yang kita kasi, maka yang lain bakal berdatangan, karena mereka saling memberi informasi. Jadi jika ingin memberi sumbangan atau bantuan, salurkan langsung ke tempat-tempat resmi seperti panti asuhan dan lainnya," tutup Sigit. (ocu)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+