Pejabat Pemko Pekanbaru Dilarang Terima Gratifikasi di Momen Lebaran

Kamis, 23 Mei 2019 - 22:10:38 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus

BETUAH.COM, PEKANBARU - Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, Riau, dilarang menerima pemberian dalam bentuk apapun di momen lebaran Idul Fitri 1440 H karena dinilai masuk dalam tindak gratifikasi.

Larangan itu seperti dimuat dalam surat edaran Walikota Pekanbaru Nomor:700/Inspektorat/448 tentang Imbauan Pencegahan gratifikasi terkait hari raya keagamaan tahun 2019.

Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan, penerbitan surat edaran tentang gratifikasi itu merupakan tindak lanjut dari himbauan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI perihal imbauan pencegahan gratifikasi terkait hari raya keagamaan.

Gratifikasi, terang walikota, termasuk praktek tindak pidana korupsi yang harus dihindari seluruh ASN dan pejabat pemko.

"Jadi saya tegaskan para ASN dan pejabat di pemerintah kota jangn sampai terima gratifikasi pada momen lebaran ini," pesannya, Kamis (23/5/2019).

Terdapat delapan poin dalam surat edaran tentang gratifikasi tertanggal 21 Mei 2019 itu. Poin tersebut di antaranya melarang para ASN dan penyelenggaran negara menerima gratifikasi dalam bentuk apapun.

Poin lainnya, walikota juga melarang penggunaan fasilitas dinas untuk kepentingan pribadi. 

Satu di antaranya tidak boleh menggunakan kendaraan dinas untuk mudik. Karena fasilitas kedinasan hanya boleh digunakan untuk kepentingan terkait kedinasan. (abd)



Baca Juga Topik #Pemerintah Kota Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+