Ratusan Rumah Warga di Kecamatan Tampan Direndam Banjir

Rabu, 12 Juni 2019 - 19:36:09 WIB Cetak

Banjir yang terjadi di wilayah Kecamatan Tampan, Rabu (13/6/2019).

BETUAH.COM, PEKANBARU - Hujan lebat yang mengguyur Kota Pekanbaru sejak Selasa (12/6/2019) sore hingga Rabu (13/6/2019) dini hari, mengakibatkan ratusan rumah warga di Kecamatan Tampan direndam banjir.

Ratusan rumah warga yang direndam banjir itu menyebar di lima kelurahan di antaranya Kelurahan Tobek Godang, Sidomulyo Barat, Simpang Baru, Sialang Munggu dan Keluarga Tuah Madani.

Di Simpang Baru, banjir tak hanya merendam pemukiman warga tapi juga kantor kelurahan setempat. Lantaran direndam banjir, pelayanan bagi masyarakat terpaksa dialihkan sementara ke kantor Camat Tampan.

"Hari ini kami terpaksa memindahkan pelayanan administrasi terhadap masyarakat ke kantor camat  dikarenakan kantor lurah terendam banjir," ujar Lurah Simpang Baru Rein Rizka Kahfi kepada wartawan, Rabu siang.

Ditanya sampai kapan pelayanan pindah di Kantor Camat Lurah Simpang Baru menyatakan sampai air surut. " kalau air sudah surut dan bisa di lewati pasti kami sudah pindah ke kantor Lurah," jelasnya.

Disampaikan dia, pemindahan sementara pusat pelayanan ke kantor Camat Tampan itu baru pertama kali lantaran banjir yang terjadi paling parah sejak beberapa tahun terakhir.

"Biasanya hanya pindah ke sebelah kantor UEK SP karena bangunannya agak lebih tinggi dari kantor lurah. Tapi saat ini banjir cukup parah jadi dipindahkan ke kantor camat," ungkap Rein.

57 KK Mengungsi

Sementara di Kelurahan Sialang Munggu, banjir memaksa 57 kepala keluarga (KK) di RW 17 mengungsi. Warga untuk sementara diungsikan ke pendopo yang dibangun developer perumahan setempat.

Ketua RT setempat mengatakan, genangan banjir akibat guyuran hujan terus mencapai setinggi 50 cm.

"Kondisi banjir saat ini sama dengan banjir yang terjadi pada November tahun 2017 bahkan yang paling besar itu pada desember 2018 sampai ke aspal," sebut dia.

Kemudian di Kelurahan Sidomulyo Barat, banjir merendam sejumlah perumahan di antaranya Perumahan Mutiara Purwodadi di RT 01, RW 17 dan Perumahan Surya Graha di RT 07, RW 17.

"Hujan lebat semalam membuat luapan air tidak tertampung di drainase hingga melimpah ke perumahan warga," kata Lurah Sidomulyo Barat Hendri Syafitra.

Meski direndam banjir, Hendri memastikan tak ada warganya yang diungsikan. Dia mengimbau warga untuk tetap waspada dan menjaga kesehatan mengingat kondisi cuaca yang tak menentu.

"Kami tentunya berharap warga bisa terus meningkatkan kewaspadaan dan menjaga kesehatan agar tidak terkena penyakit, apalagi curah hujan sedang tinggi," ucapnya.

Selanjutnya di Kelurahan Tobek Godang, banjir merendam pemukiman warga di Jalan Damai tak jauh dari kantor kelurahan setempat. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+