PPDB 175 SDN dan 45 SMPN di Pekanbaru Tampung 23.145 Pelajar

Kamis, 20 Juni 2019 - 23:32:53 WIB Cetak

Kepala Disdik Pekanbaru Abdul Jamal

BETUAH.COM, PEKANBARU - Sebanyak 175 Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan 45 Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) se-Kota Pekanbaru, sudah siap melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019/2020.

Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru Abdul Jamal menyebut, untuk PPDB di 175 SDN mampu menampung sebanyak 14.845 calon murid baru dan 45 SMPN 8.300 calon pelajar.

"Namun demikian, kita tetap mengimbau calon orangtua murid agar tidak terfokus di sekolah negeri saja mengingat juga masih banyak sekolah swasta yang turut menerima peserta didik baru," ujarnya.

Untuk jadwal PPDB sendiri, disampaikan Jamal akan dimulai serentak terhitung 1 hingga 4 Juli mendatang.

"Jadi mulai sekarang para calon peserta didik sudah bisa mempersiapkan berbagai persyaratan yang dibutuhkan pada saat PPDB nanti," pintanya.

Sistem Zonasi

Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 51 tahun 2019 tentang PPDB, sebut Jamal, PPDB tahun ini menerapkan sistem zonasi. Yang mana 90 persen kuota diprioritaskan bagi peserta didik tempatan, 5 persen peserta didik berprestasi dan 5 persen lagi untuk peserta didik pindahan.

"Kuota 5 persen pindahan ini bisa pindahan antar kecamatan maupun dari luar Pekanbaru. Misalnya orang tua pindah tugas di Tampan, maka ada hak 5 persen untuk masuk sekolah di tempat pindah yang baru," paparnya.

Melalui sistem zonasi, terang Jamal, dalam penerimaan nanti jarak tempat tinggal calon peserta didik baru dengan sekolah akan diukur menggunakan Global Positioning System atau GPS.

"Jadi alat ukurnya GPS. Nanti akan dilakukan perankingan jarak. Semakin dekat dengan sekolah, maka semakin berperluang diterima di sekolah tempatan," ucapnya.

Khusus untuk penerimaan peserta didik baru tingkat SD, sambung Jamal, sekolah diwajibkan memprioritaskan anak yang sudah berusia 7 tahun. "Untuk seluruh SD Negeri, umur 7 tahuh wajib diterima," tutupnya. (abd)



Baca Juga Topik #pendidikan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+