MPP Pekanbaru Layani 10 Ribu Perizinan Dalam Sebulan

Senin, 24 Juni 2019 - 11:00:44 WIB Cetak

Gedung Mal Pelayanan Publik Pekanbaru

BETUAH.COM, PEKANBARU - Mal Pelayanan Publik (MPP) di lantai dasar kantor Walikota Pekanbaru, Jalan Jenderal Sudirman, kini sudah mampu melayani sebanyak 10 ribu perizinan dan non perizinan dalam satu bulannya.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Pekanbaru Muhammad Jamil menyebut, jumlah pengurusan izin yang dilayani MPP tersebut terus meningkat setiap bulannya sejak diresmikan pada Februari 2019 lalu.

"Seperti awal diresmikan, Februari, tercatat sebanyak 1.950 layanan yang diberikan. Kemudian Maret 9.531, April 10.557 dan Mei 10.032 layanan. Total sebanyak 32,070 layanan yang diberikan MPP sejak empat bulan terakhir," urainya, Senin (24/6/2019).

Kemudian untuk kunjungan ke MPP, disampaikan Jamil berkisar 700 orang per hari. "Dari jumlah itu, rata-rata masyarakat mengurus perizinan hampir 300 per hari," ungkapnya.

Sementara untuk instansi yang bergabung memberi pelayanan di MPP Pekanbaru, dikatakan Jamil sudah berjumlah sebanyak 27 dengan total 175 perizinan dan non perizinan yang dilayani.

"Dengan rincian 96 layanan perizinan dan non perizinan ditangani langsung oleh DPM-PTSP, dan 79 lainnya dilayani instansi pemerintah, lembaga, perbankan serta BUMN/BUMD yang sudah berkantor di MPP," paparnya.

Tingkatkan Fasilitas Pendukung

Selanjutnya guna memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung MPP, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru pada 2020 mendatang berencana membangun jalan di bawah tanah atau under pass tepatnya dari kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kaca Mayang hingga ke kompleks MPP.

"Kenapa dibangun jalan dibawah tanah, ini adalah sebuah ciri kota maju. Kalau kita buat JPO kan terganggu pemandangannya, makanya kita buat di bawah," ujarnya.

Selain itu, sambung Jamil, di kawasan MPP nantinya juga bakal dibangun gedung lantai tiga khusus untuk lokasi parkir pengunjung MPP Pekanbaru.

"Kita juga akan siapkan gedung parkir berlantai tiga, guna menunjang kenyamanan masyarakat yang mengakses fasilitas publik di MPP," ucap pria yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru ini.

Tak hanya itu, secara bertahap bangunan MPP juga akan terus diperluas hingga ke bekas gedung BKP-SDM di lantai dua kantor walikota setempat dan ke bekas gedung Bappeda yang masih berada di kompleks perkantoran walikota di Jalan Jenderal Sudirman. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+