Nunggak 5 Bulan, Dinas Perkim 'Usir' Puluhan KK Penghuni Rusunawa Rumbai

Rabu, 26 Juni 2019 - 12:47:30 WIB Cetak

Suasana penertiban terhadap penghuni rusunawa Rumbai yang menunggak biaya sewa sejak 5 bulan terakhir, Rabu (26/6/2019).

BETUAH.COM, PEKANBARU - Sebanyak 31 kepala keluarga (KK) penghuni rumah susun sederhana dan sewa (rusunawa) di Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Rumbai, dipaksa meninggalkan hunian oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) bersama Satpol PP Pekanbaru, Rabu (26/6/2019) pagi.

Puluhan KK tersebut terpaksa ditertibkan lantaran sudah menunggak biaya sewa sejak lima bulan terakhir. Sebelum ditertibkan, mereka terlebih dahulu diberi peringatan agar melunasi tunggakan. Namun, hingga batas waktu yang ditentukan tak kunjung dilunasi.

Setelah dipaksa mengosongkan hunian, petugas Dinas Perkim dikawal puluhan personel Satpol PP langsung menggembok ruangan yang dihuni oleh puluhan KK tersebut.

Kepada penghuni yang menunggak dan hunian sudah digembok, diberi kesempatan melunasi tunggakan paling lambat Rabu (26/6/2019) sore. "Kalau tidak juga dilunasi hari ini, maka hunian langsung dikosongkan," tegas Kepala Bidang Ops Satpol PP Pekanbaru Desherianto yang langsung memimpin penertiban.

Penertiban paksa ini sesuai perintah Walikota Pekanbaru Firdaus. Walikota meminta instansi terkait menindak penghuni rusunawa yang menunggak lantaran tak ada upaya melunasi tunggakan yang sudah mencapai 5 bulan tersebut.

"Jadi saya instruksikan kepada instansi terkait dan pengelola rusunawa untuk tertibkan para penghuni (yang menunggak)," tegasnya, Senin (17/6/2019) lalu.

Dari data Dinas Perkim Pekanbaru, tercatat sebanyak 80 KK yang menghuni Rusunawa Rumbai tersebut. Dalam satu bulan, mereka wajib membayar biaya sewa sebesar Rp175.000 hingga Rp275.000 per bulan di luar listrik sesuai Peraturan Walikota (Perwako) Pekanbaru Nomor 160 tahun 2015. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+