Warga Diminta Waspadai Pohon Pelindung yang Sudah Banyak Lapuk

Jumat, 12 Juli 2019 - 23:26:35 WIB Cetak

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Pekanbaru memotong pohon pelindung yang sudah mati.

BETUAH.COM, PEKANBARU - Warga Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, diminta waspada khususnya saat melintas di bawah pohon pelindung yang sudah menua di sepanjang jalan dalam kota. Pasalnya, pohon tersebut kini sudah banyak lapuk dan rawan rapuh ketika ditiup angin kencang.

"Saat angin kencang dan cuaca buruk, masyarakat harus waspada karena ternyata pohon pelindung tersebut sudah banyak lapuk, mungkin sudah tua dan dimakan usia juga," ujar Kepala Seksi Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Pekanbaru Ibas Sembiring, Jumat (12/7/2019).

Pada Kamis (11/7/2019) dini hari, kata dia, satu pohon pelindung di Jalan Jendela Sudirman tumbang ke badan jalan. Pihaknya yang menerima laporan langsung bergerak melakukan penanganan di lapangan.

"Beruntung tumbangnya pohon pelindung tersebut tidak menimbulkan korban jiwa," ucapnya.

Tumbangnya pohon pelindung tersebut tak hanya kali itu terjadi. Sebelumnya, sejumlah pohon pelindung di Jalan Jenderal Sudirman juga ambruk diterjang angin kencang. Akibatnya, sejumlah kendaraan warga menjadi korban.

Begitu juga dengan pohon pelindung di belakang kantor Dinas Pendapatan Daerah (Bapenda) Pekanbaru yang roboh dan menimpa sejumlah kendaraan dinas operasional di kantor tersebut.

Tak hanya itu, pohon pelindung yang berada di jalan utama dalam Kota Pekanbaru juga sudah banyak yang mati. Namun, instasi terkait tak kunjung menebang meski sudah mengancam keselamatan warga dan pengguna jalan. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+