Api Hanguskan 10 Hektar Lahan Gambut di Tesso Nilo Pelalawan

Selasa, 30 Juli 2019 - 20:45:41 WIB Cetak

Upaya pemadaman ke bakaran lahan menggunakan helikopter

BETUAH.COM, PELALAWAN - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kabupaten/kota wilayah Riau kembali terjadi. Pada Selasa (30/7/2019), api menghanguskan 10 hektar lahan gambut di kawasan Taman Nasional Tesso Nilo, Desa Kesuma, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan.

Pemadaman kebakaran lahan itu langsung dipimpin Komandan Rayon Militer 04/Pangkalan Kuras Kapten Inf Kasmir dan Kapolsek Pangkalan Kuras Kompol Ali Ardi.

Hingga Selasa sore, api yang sudah menghanguskan 10 hektar lahan gambut itu berhasil dijinakkan tim gabungan dari TNI, Polri, dan masyarakat.

"Sekarang semuanya sudah harus turun ke lapangan membantu pemadaman. Baik itu komandan ataupun bawahan. Semuanya berjibaku memadamkan api," ujarnya.

Petugas, kata Kasmir, terus melakukan pengawasan di lapangan untuk memastikan api benar-benar telah padam lantaran lahan yang terbakar merupakan lahan gambut.

Di tempat yang sama, Kompol Ali juga menyatakan jika pihaknya tengah menyelidiki kebakaran yang terjadi di lahan gambut itu. "Kita tengah menyelidiki pemilik lahan dan sebab terbakarnya yang menghabiskan lebih kurang 10 hektare ini," ungkapnya.

Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di sejumlah kabupaten/kota di Riau sejak beberapa bulan terakhir telah menghanguskan puluhan ribu hektar lahan dan telah mengakibatkan terjadinya kabut asap.

Selasa pagi, kabut asap dampak kebakaran hutan dan lahan di kabupaten/kota tetangga itu telah mulai menyelimuti Kota Pekanbaru dan membuat kualitas udara mulai memburuk. (red)



Baca Juga Topik #riau+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+