Ke Kanada, Walikota Pekanbaru Masuk Perwakilan Asean Waste Mission

Ahad, 15 September 2019 - 21:13:27 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus

BETUAH.COM, PEKANBARU - Walikota Pekanbaru Firdaus, sudah bertolak ke Kanada bersama rombongan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk belajar pengolahan sampah menjadi energi listrik.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Setdako Pekanbaru Mas Irba Sulaiman mengatakan, dalam kunjungan itu Walikota Pekanbaru merupakan salah satu delegasi atau perwakilan Asean Waste Mission to Canada.

Terdapat sejumlah rangkaian kegiatan dalam kunjungan yang akan dimulai terhitung 16 hingga 20 September mendatang. Seperti tinjauan lapangan, seminar, serta pertemuan business to business dengan penyedia teknologi, pengembang dan kontraktor pengolahan sampah di Kanada.

"Ajang ini adalah hasil kolaborasi antara Kedutaan Besar Kanada dengan beberapa negara ASEAN yakni Malaysia, Filipina, Singapura, Vietnam dan Indonesia," ungkapnya, Minggu (15/9/2019).

Disampaikan Irba, kunjungan tersebut akan berlangsung di sejumlah kota di Kanada di antaranya di Toronto, Montreal dan Vancouver. Ada 29 perusahaan di Kanada yang berpartisipasi dalam ajang ini. Selain itu, agenda inovasi teknologi di bidang waste to energy juga akan berlangsung.

"Di sana (Kanada), delegasi akan melihat langsung proses pengolahan sampah menjadi energi," terang dia.

Lebih jauh disampaikan Irba, keberangkatan Walikota Pekanbaru Firdaus ke Kanada sesuai undangan dari Kementerian ESDM dan persetujuan atau izin dari Kementerian Sekretariat Negara tertanggal 12 September 2019.

"Walikota juga sudah menghubungi kedubes atau perwakilan RI di Kanada untuk menyamapaikan agenda ini. Jadi, kunjungan ini menindaklanjuti hasil rapat koordinasi terkait perkembangan pembangunan pengolahan sampah menjadi energi listrik," tutupnya. (abd)



Baca Juga Topik #Pemerintah Kota Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+