Kabut Asap Semakin Pekat, PNS Hamil Dizinkan tak Ngantor

Kamis, 19 September 2019 - 20:05:45 WIB Cetak

Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi

BETUAH.COM, PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, Provinsi Riau, memberikan dispensasi atau keringanan tak masuk kantor bagi Aparatur Sipil Negara (ASN/PNS) yang tengah hamil.

Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi mengatakan, dispensasi itu diberi mengingat kualitas udara akibat diselimuti kabut asap dampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang semakin pekat menyelimuti wilayah Kota Bertuah.

"Tapi ini (dispensasi) bukan untuk santai, tapi tetap kerja di rumah. Nanti dibuat edarannya," ujar Ayat, Kamis (19/9/2019).

Surat himbauan tentang dispensasi bagi ASN hamil tak ngantor lantaran kabut asap semakin tebal.

Setelah kualitas udara membaik, ASN hamil wajib masuk kantor seperti biasa. Dispensasi diberi sesuai saran dari dokter di Dinas Kesehatan yang menyarankan ibu hamil untuk kurangi aktivitas di luar ruangan.

"Karena ibu hamil dan bayi di dalam kandungan butuh oksigen yang cukup. Sedangkan saat kabut asap, kadar oksigen agak berkurang. Untuk itu diberi keringanan untuk absen dengan catatan tetap menjalankan tugasnya di rumah," ucap Ayat.

Selain bagi ASN, pemerintah kota juga mengimbau perusahaan yang karyawanya tengah hamil agar ikut diberi dispensasi serupa. Paling tidak, karyawan hamil dilarang melaksanakan tugas di luar ruangan.

"Himbauan kepada pihak swasta ini nanti disampaikan lewat Dinas Tenaga Kerja. Himbauan ini bisa diperhatikan, ini nasib generasi kita, jangan sampai terpapar asap," tutup Ayat. (abd) 



Baca Juga Topik #Pemerintah Kota Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+