BMKG Pantau 172 Titik Api di Riau, Kabut Asap di Pekanbaru Semakin Parah

Senin, 23 September 2019 - 11:41:27 WIB Cetak

Kabut asap pekat yang menyelimuti Kota Pekanbaru pada Senin (23/9/2019) pagi.

BETUAH.COM, PEKANBARU - Kabut asap kirimkan dampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang menyelimuti Kota Pekanbaru kian parah. Senin (23/9/2019) pagi, jarak pandang hanya berkisar 500 meter.

Begitu juga dengan di Kabupaten Pelalawan dan Inhu, jarak pandang hanya 300 meter karena tertutup kabut asap.

Sementara di Kota Dumai yang sebelumnya kualitas udara sempat membaik pasca diguyur hujan, Senin pagi kembali memburuk dengan jarak pandang berkisar 800 meter.

"Kekaburan udara ini diakibatkan adanya partikel kering seperti asap dan haze," kata Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru Marjuki di Pekanbaru.

Kemudian untuk titik panas atau hotspot dengan level confidence atau tingkat kepercayaan di atas 50 persen, Senin pagi terpantau sebanyak 256 titik yang tersebar di 11 kabupaten/kota di Riau.

Titik panas terbanyak terpantau di wilayah Kabupaten Rokan Hilir berjumlah 73 titik, Indragiri Hilir 58, Inhu 42, Pelalawan 29, Bengkalis 17, Kepulauan Meranti 12, Dumai 9, Kampar dan Kuansing masing-masing 7 titik, serta Pekanbaru dan Rohul masing-masing 1 titik.

Dari 256 titik panas yang terpantau, 172 di antaranya dipercaya titik api yang bersumber dari kebakaran hutan dan lahan dengan tingkat kepercayaan di atas 70 persen.

Terbanyak terpantau di wilayah Rohil berjumlah 45 titik, Inhil 40, Inhu 34, Pelalawan 22, Bengkalis 13, Meranti 8 titik, Dumai 5, Kampar dan Kuansing masing-masing 2 titik dan 1 titik lagi terpantau di wilayah Rokan Hulu.

Selanjutnya untuk peluang hujan, pada Senin siang hujan dengan intensitas ringan diprediksi bakal terjadi di beberapa daerah seperti di Kabupaten Bengkalis, Meranti, Pelalawan, Siak, Inhil, Rohil dan Dumai.

"Pada Senin malam, hujan ringan juga diprediksi terjadi di sebagian wilayah Rokan Hulu, Kuansing, Inhu dan Rokan Hulu," ungkap dia. (ocu) 



Baca Juga Topik #riau+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+