Muhammad Faisal Jabat Ketua DPRD Kampar Periode 2019-2024

Rabu, 02 Oktober 2019 - 18:12:28 WIB Cetak

Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto memberikan selamat kepada Muhammad Faisal yang resmi dilantik sebagai Ketua DPRD Kampar, Selasa (1/10/2019).

BETUAH.COM, BANGKINANG - Empat pimpinan DPRD Kabupaten Kampar definitif periode 2019-2024, dilantik dan diambil sumpah oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Bangkinang Unggul Tri Esthi Muljono melalui sidang paripurna di gedung DPRD setempat, Selasa (1/10/2019).

Untuk Ketua DPRD dipimpin Muhammad Faisal dari Partai Gerindra, dan Wakil Ketua di antaranya Tony Hidayat (Demokrat), Repol (Golkar) serta Fahmil dari PKS.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pimpinan dewan itu dihadiri Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, Forkopimda, anggota DPRD Kampar, Sekdakab Kampar Yusri, pejabat di lingkungan Pemkab Kampar dan para undangan.

Bupati Kampar Catur, menyampaikan ucapan selamat kepada empat pimpinan dewan yang baru dilantik. Dengan pelantikan itu, dia berharap para wakil rakyat dapat bekerjasama dalam memacu pembangunan dan meningkatkan pelayanan kepada warga.

"Atas nama pimpinan daerah dan masyarakat Kabupaten Kampar, saya mengucapkan selamat mengemban tugas dan amanah rakyat kepada Ketua dan Wakil Ketua Dewan yang terhormat yang baru saja selesai mengucapkan sumpah/janji di hadapan kita semua," ujarnya.

Ketua PN Bangkinang saat melantik dan mengambil sumpah jabatan empat pimpinan DPRD Kabupaten Kampar periode 2019-2024.

Dikatakan Catur, warga telah memilih dan memberikan kepercayaan kepada wakilnya di legislatif untuk mengemban tugas sehingga dapat berperan menuntaskan berbagai persoalan, seperti menjaga kedaulatan bangsa dan kedaulatan politik, merealisasikan kemandirian ekonomi dengan selalu memperhatikan budaya, adat istiadat dan kearifan lokal untuk menunjukkan kepribadian sebagai bangsa yang bermartabat.

"Inilah mimpi besar kita untuk memajukan kesejahteraan umum, kesejahteraan masyarakat dapat kita wujudkan bersama. Untuk itu, mari kita satukan langkah untuk satu visi membangun Kabupaten Kampar sebagaimana harapan seluruh masyarakat kita, mulai dari hulu sampai ke hilir," ajaknya.

Ditegaskannya, saat ini warga sangat menginginkan perubahan, siapapun pemimpinnya, pemerintahan daerah adalah Bupati dan DPRD yang berada pada sejajar sebagai mitra dan bersinergi. 

"Dari sini dapat kita mengambil pelajaran yang baik bahwa pada kesempatan ini merupakan momentum perubahan dengan menentukan langkah-langkah dalam tiga ruang gerak," ucapnya.

Pertama, melalui legislasi, dengan melindungi masyarakat dan kepentingan pihak yang telah memilih saudara sebagai wakilnya. "Di sinilah peran saudara dalam politik legislasi," terang Catur.

Kedua, menyusun anggaran dalam politik anggaran. "Tidak zamannya lagi proses penyusunan anggaran dilakukan secara tertutup, tidak partisipatif dan pragmatis. Saya yakin saudara adalah orang-orang terpilih dan terbaik, yang tidak sedang membuat kalkulasi untung rugi dalam politik, melainkan bekerja untuk kepentingan rakyat," tegas dia. 

Kemudian yang ketiga, berkaitan dengan fungsi pengawasan. Anggota dewan hendaknya bisa melakukan pengawasan dengan memegang teguh etika politik, visi dan misi sehingga dalam mengawasi jalannya pemerintahan selalu berpedoman kepada peraturan perundangan undangan yang berlaku. 

"Inilah beberapa harapan kami berkenaan dengan fungsi dewan. Semoga kerjasama yang harmonis yang sudah terjalin selama ini dapat terus kita pertahankan dan kita tingkatkan di masa-masa mendatang," harapnya. (ocu)



Baca Juga Topik #politik+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+