104 Orang Tewas Dalam Demo Anti Pemerintah di Irak

Senin, 07 Oktober 2019 - 23:36:39 WIB Cetak

Pendemo saat terlibat bentrok dengan pasukan keamanan Irak. (Foto facebok @Abbasiraq)

BETUAH.COM, BAGHDAD - Sedikitnya, 104 orang dilaporkan tewas dan 6.000 lainnya luka-luka selama demo anti pemerintah yang digelar ribuan warga Irak sejak 1 hingga 6 Oktober 2019.

Pada aksi protes yang berlangsung pada Ahad (6/10/2019), pendemo terlibat bentrok dengan petugas keamanan di Distrik Timur Baghdad yang mengakibatkan 8 warga meninggal. Hal itu dikonfirmasi petugas medis dan sumber keamanan kepada AFP, Senin (7/10/2019).

Demonstran di beberapa bagian markas Syiah Baghdad di Kota Sadr membakar ban dan melontarkan kembang api ke arah polisi. Tembakan juga terdengar di daerah itu.

Mayoritas demonstran yang tewas terkena peluru, menurut sumber medis. Petugas medis juga mengatakan pada hari Jumat lalu enam petugas polisi juga telah tewas.

Pihak berwenang menuduh ada penyusup dan penembak jitu tidak dikenal lalu menargetkan para demonstran.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Irak Saad Maan dalam pernyataan resminya mengatakan, selain sipil, delapan personel keamanan juga tewas dalam demo yang berlangsung ricuh tesebut.

Disampaikannya, kini Pemerintah Irak tengah menyelidiki untuk mencari tahu siapa dalang kerusuhan yang mematikan itu.

Kerusuhan itu merupakan tantangan paling serius yang dihadapi Irak dua tahun setelah kemenangan melawan militan ISIS. Kekacauan itu juga terjadi bagi pemerintah di tengah meningkatnya ketegangan AS-Iran di kawasan itu.

Irak bersekutu dengan kedua negara dan menampung ribuan tentara AS, serta pasukan paramiliter bersekutu dengan Iran. (red)



Baca Juga Topik #internasional+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+