7.601 Warga Pekanbaru Derita ISPA Sepanjang September 2019

Selasa, 08 Oktober 2019 - 12:19:19 WIB Cetak

Seorang balita yang terpapar kabut asap saat mendapat pelayanan kesehatan di posko penanggulangan kabut asap Dinas Kesehatan Pekanbaru.

BETUAH.COM, PEKANBARU - Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru mencatat, sepanjang September 2019 jumlah penderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) mencapai 7.601 orang, atau meningkat tajam dari Agustus berjumlah 5.759 penderita.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru Muhammad Amin mengatakan, tingginya penderita ISPA pada September tersebut merupakan dampak memburuknya kualitas udara akibat diselimuti kabut asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Namun saat ini penderita ISPA sudah mulai berkurang. Dari data kita, terhitung 1 hingga 7 Oktober baru tercatat sebanyak 410 penderita ISPA yang datang berobat ke puskesmas," ujarnya, Selasa (8/10/2019).

Meski kualitas udara mulai membaik dan penderita ISPA menurun, sebut Amin, namun puskesmas se Kota Pekanbaru tetap disiagakan memberikan pelayanan yang maksimal kepada warga.

"Karena ada atau tidak ada asap, kita tidak akan menurunkan pelayanan. Intinya, kesiap siagaan puskesmas tetap, tidak ada penurunan pelayanan. Untuk posko kesehatan juga tetap standby di puskesmas," ungkapnya.

Petugas Dinas Kesehatan memberikan pelayanan medis bagi warga yang terpapar kabut asap dampak kebakaran hutan dan lahan.

Di samping itu, Amin juga mengimbau khususnya bagi warga yang rentan terpapar asap seperti ibu hamil dan penderita Asma untuk tetap menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan.

"Karena kualitas udara masih berubah-ubah, terkadang baik dan sedang. Untuk itu bagi yang rentan seperti ibu hamil, asma, jantung dan lainnya kita sarankan tetap menggunakan masker kalau keluar rumah," tutupnya. (abd)



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+