Sibuk Berdakwah Alasan Utama UAS Mundur Sebagai PNS UIN Suska

Rabu, 16 Oktober 2019 - 07:47:23 WIB Cetak

Ustaz Abdul Somad

BETUAH.COM, PEKANBARU - Ustaz Abdul Somad (UAS), membenarkan kabar pengunduran dirinya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Pekanbaru, Riau. Padatnya jadwal berdakwah, merupakan alasan utama UAS melepas status pegawai negeri.

Padatnya jadwal ceramah yang harus diisi setiap hari, membuat mubaligh asal Riau ini khawatir tak dapat melaksanakan tugas dengan baik sebagai tenaga pengajar di UIN Suska Pekanbaru.

"Karena presensi di UIN wajib ada di kantor dari Senin hingga Jumat. Dari pukul 08.00 pagi hingga 04.00 sore. Saya khawatir, tidak dapat melaksanakan tugas. Maka dari itu, mengundurkan diri dari PNS," ungkap jebolan Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir ini, Selasa (15/10/2019) malam.

UAS yang juga alumnus S-2 Darul Hadis Maroko ini enggan mengaitkan keputusan mundur sebagai PNS lantaran adanya isu tekanan-tekanan.

Menurut UAS, mundur sebagai pegawai negeri karena kesibukan berdakwah merupakan hal biasa dan juga telah pernah dilakukan oleh sejumlah pendakwah lainnya di berbagai daerah di Indonesia.

"Keluar dari PNS, sesuatu yang biasa. Ini juga dilakukan senior-senior saya, alumni al-Azhar. Seperti Ustaz Gusrizal Gazahar. Beliau mundur dari PNS UIN Padang. Ustaz Fadil Rahmi, keluar dari Kemenag (Kementerian Agama) Aceh. Ustaz Irawan Taqwa keluar dari Kemenag Sumatra Selatan," tutur dia.

Meskipun tak lagi berstatus pegawai negeri, UAS menegaskan dirinya tetap terus berupaya menebar maslahat bagi bangsa dan negara, khususnya umat Islam. 

"Sebab, pengabdian pada umat dan negara tanpa batas," tegas ulama kebanggaan masyarakat Riau ini seperti dikutip dari Republika.

Mundurnya UAS sebagai PNS, sebelumnya juga dibenarkan Kepala Biro Administrasi Umum Perencanaan Keuangan dan Kepegawaian UIN Suska Pekanbaru Prod DR Ahmad Supardi MA, Selasa (15/10/2019).

"Iya benar, UAS mengundurkan diri sebagai tenaga pengajar sebagai PNS di Kampus UIN. Iya ini ada surat resminya," ungkapnya. (red)



Baca Juga Topik #riau+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+