Disperindag Pekanbaru Cabut Izin 7 Pangkalan Elpiji 3 Kilogram

Jumat, 25 Oktober 2019 - 19:12:32 WIB Cetak

Tim Disperindag Pekanbaru melakukan pengawasan ke pangkalan elpiji subsidi 3 kg. (Foto Satgas Disperindag)

BETUAH.COM, PEKANBARU - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, sepanjang 2019 ini mengaku sudah mencabut izin operasional 7 pangkalan elpiji subsidi 3 kilogram (kg).

Kepala Disperindag Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, sanksi tegas berupa pencabutan izin itu lantaran pangkalan elpiji bersangkutan melakukan berbagai pelanggaran berat seperti menjual elpiji 3 kg di atas Harga Eceran Tertinggi (HET).

"Karena dijual di atas harga yang ditetapkan, maka kita tindak," ungkapnya, Jumat (25/10/2019).

Selain itu, terang Ingot, pangkalan elpiji yang dihentikan operasionalnya itu terbukti menjual elpiji subsidi ke pengecer. "Ada juga karena dijual ke pengecer, tidak tepat sasaran," ujarnya.

Tim Disperindag Pekanbaru saat melakukan pengawasan ke pangkalan elpiji subsidi 3 kilogram. (Dok Satgas Disperindag).

Lebih jauh disampaikan Ingot, pihaknya telah memberikan peringatan kepada masing-masing pemilik pangkalan bersangkutan sebelum dilakukan pencabutan izin operasional.

"Kita sudah berikan peringatan agar tidak menyalahi aturan tentang penjualan gas elpiji 3 kg ini, tapi tetap membandel dan terpaksa kita tindak," ucapnya.

Untuk memastikan elpiji dijual sesuai HET dan tepat sasaran, Ingot mengajak Ketua RT/RW dan kelurahan sama-sama melakukan pengawasan di lapangan.

"Kalau ada yang menyalahi, laporkan ke kita. Karena saya tegaskan, gas elpiji 3 kg ini hanya untuk masyarakat miskin seperti yang tertulis di tabung. Gas elpiji 3 kg boleh juga untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) asal mendapat surat keterangan dari pihak kecamatan," tutupnya. (abd) 



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+