Walikota Pekanbaru Ingatkan Pelamar CPNS tak Percayai Calo

Selasa, 05 November 2019 - 14:20:21 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus

BETUAH.COM, PEKANBARU - Walikota Pekanbaru Firdaus, mengingatkan warga yang akan mengikuti seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) agar tak tergiur rayuan calo yang menjanjikan kelulusan dengan sebuah imbalan.

"Karena saya sebagai walikota saja, tidak bisa membantu (meluluskan)," tegasnya, Selasa (5/11/2019), menanggapi adanya sejumlah oknum yang biasa memanfaatkan seleksi CPNS sebagai peluang mencari keuntungan dengan menjanjikan kelulusan kepada warga yang bersedia membayar dengan sejumlah uang.

Untuk itu, walikota berpesan kepada para pelamar agar memanfaatkan waktu yang masih tersisa jelang pendaftaran dan tes dengan banyak membaca. Sehingga, peserta seleksi akan lulus sesuai kemampuan masing-masing.
 
"Mereka harus lulus dengan kemampuannya," ujar dia. "Maka persiapkan diri dan doa, agar bisa jalani seleksi sesuai harapan dan akhirnya bisa lulus sebagai CPNS," ulasnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP-SDM) Pekanbaru Masykur Tarmizi mengatakan, pendaftaran seleksi CPNS di Kota Pekanbaru akan dimulai 11 November 2019 sesuai jadwal secara nasional yang ditetapkan Pemerintah Pusat.

Saat ini, kata dia, pemerintah kota masih menunggu petunjuk teknis (juknis) perekrutan CPNS 2019 dari pusat. "Kita masih menunggu juknisnya. Tapi, jadwal (pendaftaran) kita ikuti Pemerintah Pusat," ungkapnya.

Disampaikan Masykur, seleksi CPNS tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Yang mana, seleksi administrasi hingga tes akan dilaksanakan oleh daerah yang ikut menerima CPNS.

"Kalau tahun kemarin kan di BKN Regional. Tapi tahun ini diserahkan ke daerah masing-masing," sebut dia.

Untuk itu, pihaknya melalui panitia seleksi (pansel) terus mematangkan berbagai persiapan salah satunya lokasi tempat pelaksanaan ujian sistem Computer Assised Test (CAT).

"Bisa saja nanti kita gelar di sekolah yang bisa menggelar CAT, karena fasilitas dari kita. Tapi untuk soal (tes CAT) tetap dari BKN," ucapnya.

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, tahun ini akan merekrut sebanyak 346 CPNS dengan rincian 235 untuk tenaga pendidik/guru, 87 teknis dan 24 tenaga kesehatan. (abd)



Baca Juga Topik #Pemerintah Kota Pekanbaru+
Business

Pekanbaru Raih Penghargaan Kota Sehat Tahun 2019

Selasa, 19 November 2019
Business

Lowongan 346, CPNS Pekanbaru Sudah Dilamar 1.652 Orang

Selasa, 19 November 2019
Business

125 Veteran Terima Sagu Hati dari Pemko Pekanbaru

Senin, 11 November 2019
Tulis Komentar +
Berita Terkait+